Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Grup Musik Riau Rhythm asal Riau Tampil di World Music Concert Series di Chicago, Bawakan 11 Lagu

Grup musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau tampil di panggung World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Grup Musik Riau Rhythm asal Riau Tampil di World Music Concert Series di Chicago, Bawakan 11 Lagu
Istimewa
Grup musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau tampil di panggung World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS). 

TRIBUNNEWS.COM - Grup musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau tampil di panggung World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Acara tersebut diselenggarakan oleh komunitas musik tertua di Kota Chicago, Old Town School of Folk Music.

Pagelaran itu berlangsung di Maurer Concert Hall, Kawasan Old Town, Chicago pada Rabu (20/9/2023), dan hadiri sekira 100 orang pengunjung/publik di AS.

Grup musik Riau Rhythm tampil membawakan 11 (sebelas) judul lagu selama pertunjukan musik tersebut.

Beberapa judul lagu tersebut diantaranya Bono Pencalang, Sound of Suvarnadipa, Sri Perca, Lukah Gile, Pakyong Muda, dan Mappalece Bombang.

Grup musik Riau Rhythm juga mempromosikan album terbarunya yang bernama “Awang Menunggang Gelombang” dengan beberapa penampilan lagu, antara lain Mistical Zamatra, Kalakiwi, Suara Jiwa, Satelit Zapin, dan Awang.

musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau
Grup musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau tampil di panggung World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Grup Asal Riau Riau Rhythm Kenalkan Musik Khas Melayu di Panggung World Music Concert Series

Penampilan grup musik Riau Rhythm dalam memperkenalkan aransemen musik dan lagu khas Melayu sebagai salah satu musik/lagu kjas daerah (folk music) dari Indonesia, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat AS dan mendapatkan sambutan positif dari pengunjung yang hadir.

BERITA REKOMENDASI

Beberapa orang pengunjung yang hadir tampak meminta foto bersama, membeli CD dan meminta tanda tangan personil Riau Rhythm, serta mengungkapkan kekaguman mereka terhadap penampilan grup musik tersebut di atas panggung.

They are amazing (mereka luar biasa)” kata salah seorang pengunjung lokal.

Sementara itu, salah seorang pengunjung lain menyampaikan kekagumannya dan berkomentar “You are so great! You play very beautiful songs and music. I Can feel it (Kalian hebat. Kalian menampilkan lagu dan musik yang sangat indah. Aku bisa merasakannya).”

Terdapat juga seorang pengunjung yang sengaja datang dari negara bagian Colorado hanya untuk menyaksikan penampilan Riau Ryhthm pada malam hari itu.

“Penampilan grup musik Riau Rhythm telah membantu tugas dan fungsi KJRI Chicago dalam memperkenalkan dan mempromosikan kesenian, musik, dan kebudayaan Indonesia kepada publik AS,” ujar Konsul Jenderal RI Chicago.

Sehari sebelumnya pada Selasa (19/9/2023), KJRI Chicago juga telah menyelenggarakan acara musik di ruang Indonesian Cultural Center, KJRI Chicago, dengan menampilkan grup musik Riau Rhythm.

Acara musik ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan musik/lagu khas daerah Indonesia dengan mengundang perwakilan korps konsuler/diplomatik di kota Chicago, Indonesianis, mahasiswa asing, dan perwakilan masyarakat/diaspora Indonesia.

Acara diikuti dengan makan siang hidangan khas Indonesia untuk mempromosikan gastronomi Indonesia kepada pengunjung yang hadir, serta dilakukan bersamaan dengan promosi kopi Indonesia.

World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS).
Grup musik Riau Rhythm, asal Provinsi Riau tampil di panggung World Music Concert Series di Chicago, Amerika Serikat (AS).

“Sharing budaya merupakan hal penting, dan melalui Lagu dan Musik dapat menjembatani perbedaan, mendukung keberagaman, dan memperkuat ikatan diplomasi."

"Demikian halnya dengan musik daerah Indonesia yang menjadi simbol kehangatan dan keramahan masyarakat Indonesia yang beragam,” demikian disampaikan Konsul Jenderal RI Chicago dalam sambutannya.

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas