Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Pastikan Situasi Kota Sorong dan Pelabuhan Sorong Kondusif Pasca Bentrok Brimob dan TNI AL

Polisi memastikan situasi Kota Sorong Papua Barat dan Pelabuhan Sorong telah kondusif setelah insiden bentrokan.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Polisi Pastikan Situasi Kota Sorong dan Pelabuhan Sorong Kondusif Pasca Bentrok Brimob dan TNI AL
TribunSorong.com/Safwan Ashari
Situasi di depan kantor Polresta Sorong Kota usai terjadi bentrok anggota TNI AL dan Personel Batalion B Pelopor Brimob Polda Papua Barat di Pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (14/4/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi memastikan situasi Kota Sorong Papua Barat dan Pelabuhan Sorong telah kondusif setelah insiden bentrokan antara beberapa oknum anggota Brimob dan TNI AL pada Minggu (14/4/2024).

Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Ongky Isgunawan mengatakan bahwa operasional di area pelabuhan pun juga telah berjalan normal.

"(Situasi di Kota Sorong) kondusif, Pelabuhan (beroperasional) normal," ujar Ongky saat dikonfirmasi, Senin (15/4/2024).

Meski situasi sudah kondusif Ongky memastikan bahwa proses penyelidikan insiden bentrokan tersebut masih terus dilakukan.

Akan tetapi Ongky belum membeberkan sejauh apa proses penyelidikan kasus bentrokan tersebut termasuk berapa anggota Brimob yang turut diperiksa.

Baca juga: Kata Kapolda Papua Barat dan Pangkoarmada III soal Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong

Dirinya hanya menjelaskan bahwa pihaknya akan segera menyampaikan perihal perkembanyan proses penyelidikan yang saat ini tengah dilakukan.

BERITA REKOMENDASI

"Masih proses (penyelidikan) ya, nanti saya info (hasil proses penyelidikan," kata Ongky.

Salah Paham

Mabes TNI membenarkan adanya bentrokan antara prajurit TNI AL Marhanlan XIV/Sorong dengan anggota Brimob yang terjadi di Pelabuhan Sorong, Papua Barat pada Minggu (14/4/2024).

"Pada tanggal 14 April 24 pukul 09.30 WIB di pintu masuk R Tunggu keberangkatan kantor Pelindo IV Sorong Provinsi Papua Barat Daya telah terjadi perkelahian antara anggota brimo polda papua barat daya dan anggota TNI AL Marhanlan XIV/Sorong," kata Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar saat dihubungi, Minggu (14/4/2024).

Baca juga: Bentrok TNI AL vs Brimob di Sorong, Komisi III DPR: Kalau Tidak Tindak Tegas Bisa Terulang 

Adapun dugaan penyebab bentrokan itu, kata Nugraha, terjadi karena dipicu karena kesalah pahaman antara kedua kubu anggota.

"Penyebabnya terjadi kesalah pahaman antara anggota Brimob ditegur oleh anggota (TNI) AL," ucapnya.

Meski begitu, Nugraha tidak merinci teguran apa yang dilontarkan oleh prajurit TNI AL tersebut hingga terjadi keributan.

Dia hanya mengatakan saat ini kedua pimpinan di sana sudah melakukan mediasi untuk membuat suasana kondusif.

"Selain itu melaksanakan patroli bersama sebagai tindakan preventif agar tidak teprovokasi dengan kejadian tersebut," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas