Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Hanya 2.500 Porsi Bakso yang Batal Dipesan, Ternyata Puluhan Pelaku UMKM 'Pupus' Jualan di IKN

Pelaku UMK dijanjikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI akan difasilitasi untuk berdagang saat upacara 17 Agustus di IKN.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tak Hanya 2.500 Porsi Bakso yang Batal Dipesan, Ternyata Puluhan Pelaku UMKM 'Pupus' Jualan di IKN
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Sejumlah peserta dan tamu undangan berdatangan ke Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur Sabtu pagi, (17/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, - Pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024, ternyata menyisikan persoalan tersendiri bagi pedagang kecil.

Sebelumnya, rencana pemesanan 2.500 porsi bakso untuk kegiatan hari Kemerdekaan RI di Nusantara dibatalkan menjelang acara, dan ternyata ada puluhan UMKM batal menjajahkan produknya di depan para tamu undangan.

Awalnya pelaku UMK dijanjikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI akan difasilitasi untuk berdagang saat upacara 17 Agustus di IKN, tetapi harapan tersebut pupus atau batal tak sesuai harapan.

"Acaranya (pelibatan UMKM di puncak HUT kemerdekaan di IKN, read) tidak jadi dilaksanakan, tapi kami ganti dan menyediakan opsi lain," kata Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Muhsin Palinrungi, dikutip dari TribunKaltim, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Lagi, 7 Investor Bakal Groundbreaking Proyek IKN di September 2024

Bagi pelaku UMKM yang sebelumnya diberikan ruang untuk mengenalkan produknya saat upacara kemerdekaan, kini dilibatkan dalam kegiatan Expo IKN 2024 yang sedang berlangsung di Stadion Panglima Sentik, Penajam Paser Utara (PPU).

"Jadi pelaku UMKM yang sebelumnya ingin dilibatkan dalam puncak HUT kemerdekaan, kini diikutkan di pameran Expo IKN yang saat ini sedang berlangsung," tambahnya.

Batalnya UMKM memperkenalkan produknya saat upacara kemerdekaan, diharapkan Muhsin, tak membuat pelaku usaha berkecil hati.

BERITA TERKAIT

Otorita IKN menjanjikan bakal terus melibatkan dalam setiap kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan.

"Nanti ada kegiatan lain, dan kami akan melibatkan mereka," tegasnya.

Kegiatan yang dimaksud, di antaranya, saat perpindahan ribuan ASN ke IKN Nusantara sekira September mendatang.

OIKN akan menyediakan tempat atau konter bagi pelaku UMKM, di mana mayoritas adalah ekonomi kreatif (UMKM).

"Untuk yang dilibatkan saat ini, kami belum dapat merincikan jumlahnya. Nanti kami bakal sampaikan berapa jumlahnya," beber Muhsin.

Rencananya, pelaku UMKM yang bakal dilibatkan adalah sebesar 35 persen di bawah binaan OIKN dan sisanya pelaku ekonomi kreatif di luar wilayah IKN.

"Itu artinya terbuka bagi pelaku usaha yang lainnya, jadi tidak hanya sekedar dari binaan otorita," pungkasnya.

Tukang Bakso Kecewa

Halaman
1234

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas