Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

FIB Unsoed Gelar Seminar Tentang Peran Keris dalam Peradaban dan Pembentukan Karakter Bangsa

FIB Unsoed gelar seminar yang mengupas tuntas peran keris dalam peradaban dan pembentukan karakter bangsa dalam rangkaian Festival Gamelan Banyumas.

Editor: Sri Juliati
zoom-in FIB Unsoed Gelar Seminar Tentang Peran Keris dalam Peradaban dan Pembentukan Karakter Bangsa
ISTIMEWA
Para pembicara dalam seminar tentang keris yang digelar Laboratorium Pertunjukan dan Seni, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman (FIB Unsoed), Rabu (28/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Laboratorium Pertunjukan dan Seni, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman (FIB Unsoed) menggelar seminar tentang keris, Rabu (28/8/2024).

Seminar dengan tema "Keris, Peradaban, dan Karakter Bangsa" ini merupakan satu di antara agenda penting dalam rangkaian Festival Gamelan Banyumas.

Dalam seminar tersebut, para akademisi, budayawan, hingga mahasiswa yang mengupas tuntas peran keris dalam peradaban dan pembentukan karakter bangsa.

Abdul Kholik yang menjadi keynote speaker mengatakan, keris merupakan salah satu budaya bangsa yang diakui secara internasional.

"Keris sudah menjadi warisan budaya non bendawi yang diakui oleh UNESCO. Artinya produk budaya bangsa yang secara internasional sudah diakui. Sehingga kita mempunyai tanggungjawab untuk terus mempertahankan atau nguri-uri," kata anggota DPD RI dalam rilis yang diterima Tribunnews.com.

seminar keris unsoed
Laboratorium Pertunjukan dan Seni, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman (FIB Unsoed) menggelar seminar tentang keris, Rabu (28/8/2024).

Acara yang melibatkan Pusat Riset (Pusris) Dayalogama, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed ini juga menghadirkan Afrizal Fadli Azizi.

Ia adalah seorang Mpu Keris Banyumasan yang berbagi wawasan tentang teknik pembuatan keris serta maknanya dalam budaya Jawa.

BERITA REKOMENDASI

Hadir pula Agus Margiwiyatno, dosen di Fakultas Pertanian Unsoed yang membahas keris dari sudut pandang sejarah dan budaya.

Sementara Era Prima Nugraha yang merupakan anggota Komite Jaringan dan Antar Lembaga wilayah Banyumas, memberikan paparan mengenai pelestarian budaya Banyumasan.

Dekan FIB Unsoed, Ely Triasih Rahayu mengaku sangat mendukung kegiatan pelestarian budaya, misalnya melalui kegiatan seminar.

Ia berharap FIB semakin mengokohkan perannya dalam bidang pelestarian budaya khususnya di wilayah Banyumas.

Sementara itu, Rektor Unsoed Prof Akhmad Sodiq menyampaikan generasi saat ini adalah generasi yang hidup di era disrupsi serta memiliki tantangan utama yaitu transformasi digital.

"Di bidang akademik, tantangan berkaitan dengan kebijakan lulusan/mahasiswa harus memiliki Higher Order Thinking Skills yaitu skill yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi, critical thinking dan problem solving, kemudian berkaitan kualitas karakter," kata dia.

Baca juga: Spot Baru Mahasiswa untuk Adu Kreativitas, The Gade Creative Lounge by Pegadaian Hadir di Unsoed

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro yang ikut hadir dalam seminar, mendukung dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk kemajuan objek kebudayaan di wilayah Banyumas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas