Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukungan Infrastruktur yang Baik Berperan Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan

Sumber daya yang dimiliki Indonesia menjadi modal besar yang akan membawa Indonesia menjadi negara makmur.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
zoom-in Dukungan Infrastruktur yang Baik Berperan Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan
Tribunnews/Eko Sutriyanto
Founder Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation), Jerry Hermawan Lo mengatakan, sumber daya yang dimiliki Indonesia menjadi modal besar yang akan membawa Indonesia menjadi negara makmur.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia adalah negeri dengan kekayaan alam berlimpah dan tanah yang subur namun sayangnya lahan yang sangat luas ini belum digarap dengan baik bahkan salah dalam mengelolanya.

Padahal pengelolaan dilakukan secara benar, Indonesia bisa menjadi negara kaya mengingat Indonesia telah memenuhi berbagai unsur untuk menjadikan negara besar.

Founder Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation), Jerry Hermawan Lo mengatakan, sumber daya yang dimiliki Indonesia menjadi modal besar yang akan membawa Indonesia menjadi negara makmur.

Baca juga:  FAO Tetapkan Agroforestri Salak Indonesia Sebagai Warisan Pertanian Dunia

"Dulu orang-orang dari Portugis, Belanda datang ke Indonesia jauh-jauh datang untuk ambil rempah-rempah dan mendapatkan keutungan besar, sekarang saat mereka tidak ada dan kekayaan alam dikuasai 100 persen negara saatnya kita mengelola secara benar untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan," kata  Jerry di sela-sela penandatanganan kerjasama YMPK menggandeng sejumlah resto, hotel, dan jaringan supermarket di Bogor akhir pekan lalu.

Dikatakannya, untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan, yang memang butuh solusi jitu dan peran serta dari banyak pihak serta dukungan infrastruktur yang baik.

Selama 10 tahun pemerintah membangun infrastruktur yang akan membantu pemasaran produk hasil perkebunan baik.

BERITA TERKAIT

"Dukungan infrastruktur, pengangkutan hasil alam dari desa menuju kota sudah jauh lebih baik sehingga buah tidak akan busuk di jalan karena kemudahan akses,” ucap Jerry. 

Dikatakan bos JHL Group ini, soal kepastian hukum menjadi kunci juga menjadi salah satu kunci. 

"Sekarang UU sudah baik mencuri, merampok ada ancaman hukuman juga perjanjian soal perbatasan tanah," katanya.

Faktor pendukung lainnnya, kata Jerry, Indonesia punya SDM yang melimpah ruah namun sayangnya kualitas belum memadai. 

Regenerasi petani yang berkualitas masih kurang karena minat jadi petani masih rendah padahal bila  dikelola dengan baik dan berbasis teknologi mutakhir, jadi petani bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. 

"Nah di sini tugas dari kita, pengusaha untuk membangun sumber saya manusia untuk Indonesia untuk menguasai tahan di Indonesia," katanya.

Yayasan JHL Merah Putih Kasih berupaya mencetak 1.000 sarjana pertanian dan peternakan selama 5 (lima) tahun ke depan sejalan dengan komitmen mewujudkan swasembada dan kemandirian pangan, yang kerap disampaikan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas