Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reaktivasi RSKI Dinilai Akan Perluas Akses Kesehatan bagi Masyarakat Rempang dan Galang

Keberadaan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, mendorong perluasan akses kesehatan masyarakat di Rempang dan Galang, Kepulauan Riau.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Reaktivasi RSKI Dinilai Akan Perluas Akses Kesehatan bagi Masyarakat Rempang dan Galang
Ist
Keberadaan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, mendorong perluasan akses kesehatan masyarakat di Rempang dan Galang, Kepulauan Riau. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keberadaan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, mendorong perluasan akses kesehatan masyarakat di Rempang dan Galang, Kepulauan Riau.

Program-program seperti pelayanan kesehatan dan home care, serta sosialisasi kesehatan, diharapkan dapat terus berjalan.

Tenaga kesehatan Arthakes asal Sijantung, Nia, menyatakan, RSKI Galang aktif mengadakan berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan.

RSKI juga melibatkan posyandu serta puskesmas setempat, hingga layanan home care bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan mobilitas, terutama lansia atau mereka dengan kondisi khusus.

"Saya melihat masih banyak warga yang membutuhkan edukasi lebih tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit. Harapan saya, dengan fasilitas yang terus meningkat dan keterlibatan tim medis dari warga setempat, akses dan kesadaran kesehatan masyarakat bisa lebih baik,” kata dia, dalam keterangannya, Minggu (27/10/2024).

Program-program ini tidak hanya mendukung peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memberikan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik

BERITA REKOMENDASI

Tetapi juga membantu membangun pemahaman baru di kalangan warga mengenai pentingnya pencegahan penyakit dan gaya hidup sehat.

Untuk diketahui, reaktivasi RSKI Galang diawali dengan penandatanganan kerja sama pada Jumat, 17 November 2023, oleh Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Pangdam I/BB, dan Fernaldi Anggadha yang mewakili Artha Graha Peduli.

"Kami berusaha untuk selalu dekat dengan masyarakat melalui sosialisasi hingga pelayanan kesehatan, serta layanan home care bagi warga yang tidak bisa berobat ke RSKI. Pendekatan kami tidak hanya berfokus pada pengobatan, tapi juga pada pencegahan, seperti pemeriksaan kesehatan rutin dan edukasi pola hidup sehat," ujar dr. Aulia, tenaga medis Arthakes.

Dengan adanya fasilitas dari RSKI Galang, masyarakat Rempang, Galang, dan sekitarnya diharapkan dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan, karena berbagai fasilitas, tenaga kesehatan, dan layanan kesehatan umum telah tersedia di RSKI Galang.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas