Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Kuasa Hukum Mario Teguh Sebut Deddy Corbuzier Salah Persepsi Soal Somasi

Somasi terhadap Deddy bukan lantaran soal 'izin' mengundang Ario Kiswinar Teguh ke acara yang dipandu mentalis sekaligus aktor tersebut.

Penulis: Regina Kunthi Rosary
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kuasa Hukum Mario Teguh Sebut Deddy Corbuzier Salah Persepsi Soal Somasi
Glery Lazuardi/Tribunnews.com
Istri motivator Mario Teguh, Linna Susanto, didampingi penasehat hukum, Vidi Syarif, mendatangi Mapolda Metro Jaya, Selasa (13/9/2016) sore. Kedatangan mereka untuk melaporkan akun media sosial, instagram, atas dugaan pencemaran nama baik. Ada dua akun instagram yang dilaporkan, yaitu berinisial L dan H. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Regina Kunthi Rosary

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vidi Galenso Syarief, kuasa hukum Mario Teguh menilai pihak presenter Deddy Corbuzier salah persepsi terhadap somasi yang pihaknya layangkan.

Salah persepsi yang dia maksud adalah, somasi terhadap Deddy bukan lantaran soal 'izin' mengundang Ario Kiswinar Teguh ke acara yang dipandu mentalis sekaligus aktor tersebut.

"Ya, salah (persepsi), dong. Bukan izin, bahasa salah itu, izin. Ya, nggak perlu izin lah, Kis udah tua, udah umur 30 mau 31. Masa izin? Bukan izin, ini bicara soal undang-undang penyiaran, pemberitaan yang berimbang, ya, harus klarifikasi," tutur Vidi ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (28/9/2016).

Mengenai pihak Mario yang meminta hak jawab, Deddy berkata bahwa tim produksi acaranya telah menghubungi untuk menawarkan hal tersebut.

Namun, Vidi mengatakan yang dimaksud pihaknya bukanlah demikian.

BACA: Alasan Deddy Corbuzier Bilang Somasi Mario Teguh Adalah Blunder

BERITA TERKAIT

Seharusnya, ujar Vidi, tim produksi acara Hitam Putih mengundang Mario pada saat yang bersamaan dengan Kiswinar agar pemberitaan menjadi imbang.

"Lho, hak jawab itu bukan begitu. Ini, bicara hak jawab, harusnya pada saat itu (waktu Kis diwawancara). Bukan ditayangin, dibiarin dulu, baru dikasih hak jawab," jelas Vidi.

Mengenai Deddy yang menganggap somasi tersebut blunder karena dirinyalah yang diberi somasi, Vidi juga memberikan tanggapannya.

"Isi somasinya mengundang untuk bicara, masa tivi-nya yang bicara, kan yang bicara manusia. Isi somasinya tuh mengundang mereka datang untuk mengklarifikasi. Kenapa host-nya diundang, kan acara itu host-nya yang memandu, yang ngomong langsung, produsernya juga," terangnya.

Selain itu, Vidi juga berujar bahwa seharusnya Deddy mengirim surat balasan terkait somasi yang dilayangkan, bukan menjawabnya secara lisan melalui media.

"Somasi itu kan teguran. Iya, dalam bentuk surat. Begitu kan, cara yang patut. Nah, dia juga seharusnya membalas dengan cara yang sepatutnya. Apa respon patutnya, dia penuhi isi somasi itu, yang isinya undangan klarifikasi. Nah, kedua, kalau misal dia tidak bisa datang dan sebagainya, ya, dia harus merespon juga dengan cara yang patut itu, kirim surat balasan, surat resmi," tutur Vidi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas