Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

8 Musisi Ini Sukarela Ciptakan Lagu Demi Kelestarian Hutan Indonesia

"Jadi menurut gue, daripada ceramah-ceramah dan nggak didenger, gerakan ini bisa jadi cara efektif," kata Melanie

Penulis: Nurul Hanna
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 8 Musisi Ini Sukarela Ciptakan Lagu Demi Kelestarian Hutan Indonesia
Tribunnews/NurulHanna
Musisi dan penggerak program Musika Foresta, yang diinisiasikan oleh gerakan Hutan Itu Indonesia usai jumpa pers di restoran Almond Zuchini, di kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Delapan musisi yang tergabung dalam program Musika Foresta, secara sukarela menciptakan lagu demi kelestarian hutan di tanah air.

Mereka adalah Glenn Fredly, Eva Celia, Astrid & Arlan, Achi Hardjakusumah dan Alam Urbach.

Program Musika Foresta merupakan bagian dari gerakan Hutan itu Indonesia. Yakni sebuah gerakan terbuka yang ingin menumbuhkan kecintaan terhadap hutan Indonesia melalu pesan positif.

Melanie Subono, mantap mengiyakan ajakan untuk turut berkontribusi dalam program Musika Foresta. Bagi Melanie, gerakan ini berpotensi efektif untuk menyuarakan tentang keadaan hutan yang semakin kritis.

"Jadi menurut gue, daripada ceramah-ceramah dan nggak didenger, gerakan ini bisa jadi cara efektif," kata Melanie usai jumpa pers Musika Foresta di restoran Almond Zuchini, di kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).

Penyanyi bertubuh mungil, Astrid, juga tak fikir panjang saat diminta untuk bergabung. Sebab, Astrid memiliki perhatian besar terhadap ekosistem alam di Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Kebakaran hutan kebanyakan menjadi sesuatu yang menyedihkan, kenapa kok orang semena-mena sama hutan. Kalau hutannya punah dan habis kan sedih," tutur Astrid.

Nantinya, Glenn, Astrid dan Eva akan dibiarkan mengeksplorasi sejumlah hutan selama tiga hari.

Mereka akan menjelajahi sejumlah hutan tropis dan berkomunikasi langsung dengan penduduk sekitar. Sepulang dari sana, barulah mereka akan menulis lirik dan menciptakan aransemen lagu.

Sejumlah lagu tersebut akan dikompilasi oleh musisi Alam Urbach, dan rencananya akan rilis bertepatan dengan Hari Hutan Indonesia.

Semua keterlibatan musisi dalam gerakan ini pun secara sukarela.

"Kita sudah bilang ke mereka, proyek ini minim biaya. Tapi Mereka bersedia ikut secara sukarela," kata Riry Silalahi, salah satu pendiri sekaligus Koordinator Musika Foresta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas