Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Melanie Subono Turut Prihatin Atas Eksekusi Mati TKW Asal Indonesia, Tuti Tursilawati

Eksekusi mati Tuti Tursilawati oleh Pemerintah Arab Saudi tanpa pemberitahuan kepada Pemerintah Indonesia membuat Melanie Subono prihatin.

Editor: Rohmana Kurniandari
zoom-in Melanie Subono Turut Prihatin Atas Eksekusi Mati TKW Asal Indonesia, Tuti Tursilawati
Instagram/melaniesubono
Melanie Subono turut prihatin atas eksekusi mati TKW asal Indonesia Tuti Tursilawati oleh Pemerintah Arab Saudi. 

TRIBUNSOLO.COM - Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia, Tuti Tursilawati dieksekusi mati oleh Pemerintah Arab Saudi pada Senin (29/10/2018).

Mirisnya, eksekusi terhadap Tuti dilakukan tanpa adanya notifikasi atau pemberitahuan dari Arab Saudi kepada Pemerintah Indonesia.

Wanita asal Majalengka, Jawa Barat itu dihukum atas tuduhan pembunuhan terhadap majikannya saat baru bekerja selama sembilan bulan, tepatnya pada 11 Mei 2010 lalu.

Dilansir TribunSolo.com dari Kompas.com, Bobi Anwar Ma’arif dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) mengatakan bahwa pembunuhan itu tak disengaja lantaran Tuti membela diri dari upaya pemerkosaan majikannya.

"Saya yakin Tuti tidak ada niat untuk melakukan perbuatan itu," kata Bobi.

Menurut Bobi, saat bertemu dengan ibunya, Tuti mengaku sering mengalami pelecehan seksual dari sang majikan.

"Peristiwa-peristiwa itu yang kemudian membuat dia merasa tidak terhormat dan membuat dia melakukan aksi yang di luar dugaannya."

BERITA TERKAIT

Usai Tuti divonis mati oleh pengadilan di Arab Saudi, pemerintah Indonesia berusaha membantu Tuti Tursilawati untuk meringankan hukumannya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Lalu Muhammad Iqbal.

"Kasusnya (Tuti Tursilawati) telah inkrah di pengadilan 2011, namun Pemerintah RI berupaya meringankan hukuman bersangkutan upaya yang dilakukan antara lain pendampingan kekonsuleran 2011-2018," terang Iqbal di Kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018), seperti dilansir dari Kompas.com.

BACA SELENGKAPNYA>>>>>>

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas