Tribun Seleb

Pernikahan Kaesang dengan Erina Gudono

Tamu yang Akan Hadiri Siraman Kaesang-Erina, Ratu Hemas Datang di Yogya, Para Menteri di Solo

Rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah dua hari berjalan. Hari ini prosesi siraman. Ini daftar tamu yang rencana hadir.

Penulis: M Alivio Mubarak Junior
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Tamu yang Akan Hadiri Siraman Kaesang-Erina, Ratu Hemas Datang di Yogya, Para Menteri di Solo
Instagram @erinagudono
Erina Gudono akui cuek saat awal kenal Kaesang, puji sikap gigih putra Jokowi. Rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah dua hari berjalan. Hari ini prosesi siraman. Ini daftar tamu yang rencana hadir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rangkaian pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah dua hari berjalan. Hari ini prosesi siraman. Ini daftar tamu yang rencana hadir.

Diketahui, prosesi akad nikah Kaesang dan Erina Gudomo akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2022). Sebelum akad nikah, ada sejumlah rangkaian acara pernikahan yang digelar.

Baca juga: Jelang Nikah, Hari Ini Kaesang dan Erina Akan Jalani Prosesi Siraman dan Adat Pasang Bleketepe

Seperti rangkaian prosesi adat pengajian, bleketepe, cethik geni, dan siraman.

Kemarin, pasangan calon mempelai dan keluarganya sudah menjalani pengajian baik di rumah Erina di Sleman dan rumah Kaesang di Solo.

Keluarga Presiden Joko Widodo menggelar pengajian menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di kediamannya, di Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022). Calon mempelai pria, Kaesang Pangarep tampak hadir beserta seluruh keluarga Presiden Jokowi yaitu Ibu Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta Selvi Ananda, serta Kahiyang Ayu beserta Bobby Nasution. Semua cucu Jokowi juga hadir, mulai dari Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution. Presiden Jokowi sendiri masih dalam perjalanan dari Jakarta, selepas meninjau daerah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Selain diikuti oleh keluarga dekat, pihak keluarga Jokowi turut mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Kota Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022 dan menggelar resepsi pernikahan di Kota Surakarta (Solo) pada Minggu, 11 Desember 2022. TRIBUNNEWS/HO/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Muchlis Jr
Keluarga Presiden Joko Widodo menggelar pengajian menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di kediamannya, di Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022). Calon mempelai pria, Kaesang Pangarep tampak hadir beserta seluruh keluarga Presiden Jokowi yaitu Ibu Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta Selvi Ananda, serta Kahiyang Ayu beserta Bobby Nasution. Semua cucu Jokowi juga hadir, mulai dari Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Manah, Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution. Presiden Jokowi sendiri masih dalam perjalanan dari Jakarta, selepas meninjau daerah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Selain diikuti oleh keluarga dekat, pihak keluarga Jokowi turut mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Kota Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022 dan menggelar resepsi pernikahan di Kota Surakarta (Solo) pada Minggu, 11 Desember 2022. TRIBUNNEWS/HO/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Muchlis Jr (TRIBUNNEWS/HO/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Muchlis Jr)

Kaesang Pangarep direncanakan menjalani prosesi bleketepe hingga siraman pada Jumat (9/12/2022) pagi.

Pemasangan bleketepe di kediaman keluarga Erina Gudono menjadi simbol dari penyucian lokasi.

Selain itu, bleketepe ini juga memiliki makna untuk tolak bala.

Baca juga: Jelang Nikah, Hari Ini Kaesang dan Erina Akan Jalani Prosesi Siraman dan Adat Pasang Bleketepe

Dengan adanya bleketepe, diharapkan sepanjang upacara pernikahan berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat.

Serta juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang bleketepe di beranda rumahnya di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo (7/11/2017) sebagai pertanda dia menggelar hajatan mantu (menikahkan anak perempuan). (TribunStyle.com/ Delta Lidina Putri )
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang bleketepe di beranda rumahnya di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo (7/11/2017) sebagai pertanda dia menggelar hajatan mantu (menikahkan anak perempuan). (TribunStyle.com/ Delta Lidina Putri ) (TribunStyle.com/ Delta Lidina Putri)

Lebih lanjut prosesi siraman akan dilakukan oleh kedua mempelai di rumah masing-masing.

Siraman itu nanti akan menggunakan air dari tujuh mata air berbeda.

Diambil dari rumah eyang almarhum Sudjiatmi Notomiharjo, rumah Presiden Jokowi di Sumber, Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Pengging, Boyolali.

Tamu yang Hadir, Ratu Hemas di Yogya, Para Menteri di Solo

Gusti Kanjeng Ratu Hemas, untuk ke 4 kalinya kembali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. TRIBUNNEWS.COM/IST
Gusti Kanjeng Ratu Hemas, untuk ke 4 kalinya kembali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024. TRIBUNNEWS.COM/IST (TRIBUNNEWS.COM/IST)
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas