Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Raden Isnanta: Ayo Olahraga Bangun Indonesia Tema Haornas Tahun 2018

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi akan mengusung tema Ayo Olahraga

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Raden Isnanta: Ayo Olahraga Bangun Indonesia Tema Haornas Tahun 2018
ist
Raden Isnanta 

TRIBUNNEWS.COM, TERNATE - Tema peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh tanggal 9 September tahun 2018 ini sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi adalah Ayo Olahraga Bangun Indonesia.

Puncak acara Haornas tahun 2018 menurut Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta akan berlangsung di Ternate, Maluku Utara.

Raden Isnanta menuturkan bahwa pihaknya terus gencarkan pembangunan jiwa dan raga secara utuh, di mana olahraga itu sendiri akan mengimplementasikan pembangunan secara utuh tesebut.

Ayo Olahraga

Pembangunan infrastruktur olahraga pada era 3-4 tahun terakhir ini, menurut Isnanta diantaranya termasuk adanya 1000 lapangan desa, ruang publik untuk olahraga dan kini yg fenomenal adalah pembangunan GBK serta fasilitas lain dalam menyambut perhelatan Asian Games dan Asian Para Games.

Pemerintah melalui bangunan fisik, kita telah berhasil memberikan keyakinan terhadap dunia internasional bahwa Indonesia telah sukses menggelar Asian Games, termasuk prestasi gemilang di peringkat empat besar dalam perhelatan tersebut.

"Pembangunan spirit dan juga membangun pembudayaan olahraga sebagai gaya hidup sehat juga dilakukan melalui gerakan secara massif, seperti pemecahan rekor dunia Poco-poco, Sepeda Nusantara, Gala Desa, Liga Sepakbola Pelajar Berjanjang yang meluas di lebih 386 Kab/Kota. Jadi membangun olahraga itu tidak hanya fisik semata, namun juga membangun jasmani dan rohani," ungkap Raden Isnanta.

Haornas adalah sebuah momentum, lanjut pria asal Kulon Progo itu, bahwa awal berkembangnya olahraga di Indonesia dengan peristiwa PON (Pekan Olahraga Nasional). Disitu kita peringati setiap tahunnya.

BERITA TERKAIT

Dan kali ini sebagai tahun olahraga, Haornas memiliki makna lain di tengah pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan fisik, baik fasilitas umum maupun untuk olahraga.

"Pembangunan disektor olahraga terus dilakukan sebelum Asian Games dan Asian Para Games berlangsung. Namun ditengah-tengah dua even akbar tersebut ada Haornas. Di situ untuk memberikan rasa keseimbangan. Jadi Haornas memberikan rasa keseimbangan pembangunan olahraga yang berdimensi kesetaraan antara Asian Games dan Asian Para Games," jelasnya.

Keseimbangan yang dimaksud, lanjut Isnanta, bahwa pemerintah tidak hanya terfokus untuk mengejar olahraga prestasi seperti Asian Games yang saat ini masih dihelat sampai 2 September mendatang.

Tetapi juga dipadukan dengan olahraga unsur lain, semisal Asian Para Games yang lebih menonjolkan sisi kemanusiaan. Selain itu juga akan ada olahraga lain, baik tradisional, rekreasi dan lain sebagainya.

Menurutnya, kombinasi berbagai jenis olahraga sangat penting untuk terus digalakkan kepada masyarakat, khususnya disaat peringatan Haornas ke-35.

Saat Haornas sendiri diakui Raden Isnanta akan ditonjolkan momentum olahraga berbasis tradisional yang kebetulan kita adakan di Ternate. Disana nanti ada penghargaan, gebyar olahraga, ada festival olahraga lansia dan macam-macam.

"Sehingga apa yang kita tampilkan menjelang akhir tahun, kita sudah menyajikan olahraga secara utuh," katanya. Artinya semua itu menyeluruh dan sekali lagi kita akan memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia bahwa membangun olahraga, harus utuh mulai dari olahraga pendidikan, rekreasi dan prestasi," tutur Isnanta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas