Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Kualifikasi AEF U-21 Dressage Championship Bakal Digelar PP Pordasi

Equestrian Indonesia kembali menggeliat. Pasca gelaran berkuda ketangkasan Asian Games XVIII/2018

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Kualifikasi AEF U-21 Dressage Championship Bakal Digelar PP Pordasi
ist
Ketua Umum PP Pordasi Mohammad Chaidir Saddak (kiri) dan Wakil Ketua Umum II Bidang Equestrian Jose Rizal Partokusumo (kedua dari kanan) bersama Ingmar De Vos (kedua dari kiri) dan Hamad Abdulrahman Al Attiyah . 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Equestrian Indonesia (Eqina) kembali menggeliat. Pasca gelaran berkuda ketangkasan Asian Games XVIII/2018 yang memukau dan menginspirasi pada 20-30 Agustus lampau di Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas, kompetisi equestrian di tanah air kembali bergemuruh. Beberapa event equestrian sudah diselenggarakan.

Terbaru, event yang akan diselenggarakan langsung oleh Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesi. PP Pordasi menggelar seleksi untuk menentukan satu atlet/rider terbaik yang akan mewakili Indonesia ke AEF U-21 Dressage Championship.

Seleksi atau kualifikasi AEF U-21 Championship ini dilangsungkan Kamis dan Jumat, 4-5 Oktober 2018, di Anantya Riding Club (ARC), Karanggaan, Gunung Putri, Bogor.

Event AEF U-21 Dressage Championship adalah salah satu program dari Asian Equestrian Federation (AEF/Federasi Equestrian Asia) dalam membina rider-rider di kawasan Asia.

Ini adalah kompetisi tunggang serasi yang diadakan bergantian di 8 negara Asia. Dari setiap negara akan diambil setiap rider terbaik untuk mengikuti final di Doha, Qatar, pada 3-5 April 2019.

PP Pordasi sudah menginformasikan perihal adanya event dari program AEF tersebut ke horse-owner, atlet dan pelatih. Dalam surat bertanggal 24 September dan bernomor 155/WK-U-EQ/PP/IX/2018 yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum II Bidang Equestrian PP Pordasi Jose Rizal Partokusumo, diterakan para rider terbaik dari kategori usia antara 12-21 tahun (kelahiran 1997-2006) yang diundang khusus oleh PP Pordasi.

Para rider yang diundang mengikuti seleksi atau kualifikasi AEF U-21 Dressage Championship ini adalah Rosad Natsir, Glory Gabrielle Surya, Mia Sri Andhika, Muhammad Akbar Maulana, Muhammad Akbar Kurniawan, Ivana Santosa, Sausan Intan, Audirania Amanda, dan Gendhis Anjali.

BERITA TERKAIT

"Itu yang terdata dan terpantau oleh kita. Di luar nama-nama yang terundang kita juga membuka kesempatan kepada yang lain dengan menginformasikan kepada kita data diri masing-masing, berikut kudanya, tentu dengan ringkasan prestasi dalam satu tahun terakhir," ungkap Wakil Ketua Umum II Bidang Equestrian PP Pordasi, Jose Rizal Partokusumo, Rabu (3/10/2018).

Jose Rizal Partokusumo menambahkan, peserta seleksi atau kualifikasi AEF U-21 Dressage Championship ini maksimal 40 rider.

Sementara, dari rider yang diundang, hingga Rabu siang sudah memberikan konfirmasinya untuk berpartisipasi Audirania Amanda, Glory Gabrielle, Sausan Intan, Rosad Natsir, Akbar Maulana, Akbar Kurniawan, Gendhis Anjali dan Ivana Santosa.

"Rosad akan tampil dengan dua kuda," tutur Jose.

Jose juga menyebutkan jika dua juri (judge) yang ditugaskan di event ini, yakni Sunil Shivdas (India/FEI Level 3) dan Wan Ming On (Malaysia, FEI Level 2), akan tiba Kamis (4/10) pagi. Sunil Shivdas dan Wan Ming Ong akan memberikan penilaiannya atas penampilan para kompetitor di kelas FEI World Dressage Challenge Senior 1 Test (FEI Individual Competition Test Children) tersebut.

"Kita dikirimkan trophy oleh AEF untuk pemenang babak kualifikasi ini. Trophy dikirimkan melalui DHL dari Qatar dan saat ini sudah sampai di Singapura, diperkirakan besok sampai di Jakarta," terang Jose Rizal Partokusumo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas