Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Menpora Dito: Nama Atlet Asian Games Hangzhou 2023 Segera Diungkap Setelah Kembali dari Luar Negeri

Dito Ariotedjo, mengumumkan bahwa persiapan untuk Asian Games Hangzhou 2023 sudah memasuki tahap akhir.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Menpora Dito: Nama Atlet Asian Games Hangzhou 2023 Segera Diungkap Setelah Kembali dari Luar Negeri
Tribunnews/Abdul Majid
Dito Ariotedjo 

Laporan Abdul Majid, Wartawan Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengumumkan bahwa persiapan untuk Asian Games Hangzhou 2023 sudah memasuki tahap akhir.

Ia mengklaim bahwa dirinya telah memiliki daftar nama-nama atlet yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi olahraga internasional tersebut.

Pengumuman resmi mengenai para atlet ini akan dilakukan setelah kepulangan CdM Asian Games 2023, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dari kunjungannya ke luar negeri.

Dito Ariotedjo
Dito Ariotedjo (Tribunnews/Abdul Majid)

"Nama atlet sudah ada, nanti saja ketika preskon," ujar Menpora Dito dalam wawancara di Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Senin (21/8/2023).

Dalam penjelasannya, Menpora Dito mengungkapkan bahwa proses seleksi atlet telah melibatkan tim review yang kompeten.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para atlet yang akan berangkat sudah memiliki potensi meraih medali di ajang tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, keputusan untuk mengizinkan atlet berangkat secara mandiri tetap tidak diberlakukan, dengan alasan bahwa Asian Games adalah sebuah event yang mewakili nama baik negara. Menpora Dito menjelaskan, "Prinsipnya, untuk Asian Games skema atlet mandiri tetap ditiadakan karena ini perhelatan membawa nama bangsa. Jadi ini harus secara bersamaan dan satu suara apa yang diputuskan pemerintah."

Menpora Memperhitungkan Potensi Cabor Berpeluang Raih Emas

Meskipun demikian, Menpora Dito menegaskan bahwa pihaknya juga memperhitungkan potensi-cabang olahraga (cabor) yang mungkin memiliki peluang meraih medali emas.

"Tapi memang, kami juga melihat potensi cabor yang bisa didorong di single event lainnya. Jadi kalau berpotensi emas pasti kami yang berangkatkan. Kalau yang ingin mandiri kan yang tidak berpotensi emas," tambahnya.

Ajang Asian Games Hangzhou 2023 dijadikan sebagai panggung bagi para atlet untuk berkompetisi sekaligus meraih tiket menuju Olimpiade 2024 di Paris. Beberapa cabang olahraga yang mencakup hoki, akuatik, dan atletik merupakan contoh dari sejumlah cabor yang akan diperlombakan dalam perhelatan tersebut.

Dengan pengumuman nama-nama atlet yang akan berlaga di Asian Games Hangzhou 2023, Indonesia semakin mendekati momen penting dalam sejarah olahraga internasional. Semua mata akan tertuju pada pengumuman resmi dan persiapan akhir menjelang dimulainya ajang olahraga yang bergengsi ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas