Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Bonus Peraih Medali Asian Games 2023 dan Asian Para Games 2023 Naik 5 Persen

Kenaikan yang diusulkan Kemenpora yakni sebesar lima persen. Akan tetapi untuk kepastiaan jumlah bonus tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bonus Peraih Medali Asian Games 2023 dan Asian Para Games 2023 Naik 5 Persen
Tribunnews/Abdul Majid
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro saat diwawancarai di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023). 

Bonus Peraih Medali Asian Games dan Asian Para Games 2023 Naik 5 Persen

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro mengatakan pihaknya mengusulkan adanya kenaikan bonus bagi atlet para peraih medali di ajang Asian Games dan Asian Para Games 2023.

Kenaikan yang diusulkan Kemenpora yakni sebesar lima persen. Akan tetapi untuk kepastiaan jumlah bonus tetap ada di tangan Presiden Joko Widodo.

“Kami masih mengusulkan sesuai dengan Asian Games 2018 (nominalnya), namun ditambah 5 persen. Tapi jumlah totalnya saya belum dapatkan persisnya,” kata Gunawan saat ditemui di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

“Kalau jumlah atlet peraih medalinya kan sudah ada. Tinggal jumlah nilai uangnya yang masih dihitung. Dan kami meminta Bapak Presiden untuk memohon arahan, berapa besarannya karena itu yang menentukan Presiden, bukan Mas Menteri (Menpora Dito Ariotedjo),” jelasnya.

Lebih lanjut Gunawan juga menjelaskan bahwa bonus antara Asian Games dan Asian Para Games akan diberikan dalam jumlah yang sama besarannya dan bersamaan waktunya.

BERITA TERKAIT

“Kenaikan (bonus) untuk dua-duanya (Asian Games dan Asian Para Games). Kami hanya memperkirakan karena prinsipnya yang dulu dinaikkan Pak Presiden 5 persen dan mudah-mudahan ini sama. Sekali lagi yang menentukan Pak Presiden, misalnya emas dapat Rp 1,5 miliar itu tambah 5 persen,” kata Gunawan.

Jika mengikuti jumlah kenaikan tersebut, maka peraih medali emas akan mendapatkan sekitar Rp 1,575 miliar.

 Sementara peraih medali perak mendapatkan Rp 525 juta, dan peraih medali perunggu diganjar bonus sebesar Rp 262,5 juta.

Di Asian Games, Indonesia mencapai peringkat ke-13 dengan perolehan tujuh medali emas, 11 perak, dan 18 medali perunggu. Sementara di Asian Para Games 2023, Indonesia finis di peringkat keenam penyelenggaraan pesta olahraga yang diikuti atlet-atlet difabel se-Asia.

Ranking itu diperoleh setelah kontingen yang dipimpin Angela Tanoesoedibjo berhasil merebut 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

“Kita harus menghargai mereka yang sudah berprestasi di tingkat Asia, itu kan perjuangan yang luar biasa baik itu Asian Games maupun Asian Para Games,” pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas