Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Sport

Empat Kementerian Bergabung, Upayakan Pencak Silat Eksibisi di Olimpiade Paris 2024

Upaya eksibisi ini dilakukan agar lebih mengenalkan olahraga pencak silat dan di Olimpiade 2028 bisa dipertandingkan secara resmi.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Empat Kementerian Bergabung, Upayakan Pencak Silat Eksibisi di Olimpiade Paris 2024
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Atlet pencak silat TNI AD memperagakan bela diri taktis pada peringatan Hari Penca Jawa Barat di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/12/2022). Acara yang mengusung tema "Jabar Jawara" yang diikuti lebih dari 1.300 pesilat dari 20 paguron IPSI Jabar, 10 paguron PPSI Jabar, dan prajurit TNI AD tersebut diharapkan dapat memupuk kecintaan generasi muda terhadap tradisi penca yang telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda dunia oleh Unesco pada 12 Desember 2019. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Empat Kementerian Bergabung, Upayakan Pencak Silat Eksibisi di Olimpiade Paris 2024

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengatakan pihaknya terus mengupayakan agar cabang olahraga asal Indonesia, pencak silat bisa dipertandingkan secara eksibisi di Olimpiade Paris 2024.

Untuk mencapai harapan tersebut, Menpora Dito mengatakan pihaknya bahkan sudah bekerja sama dengan tiga Kementerian lainnya, yakni Kementerian Luar Negeri, Kemenko PMK dan Kemendikbud.

Hasil dari kerja sama ini akan membentuk satgas untuk berdiplomasi dengan negara-negara peserta lainnya di Olimpiade yang mempunyai atlet pencak silat.

“Kami sudah rapat resmi terkait pencak silat bulan lalu. Nah ini kita akan membentuk suatu satgas yang mungkin nanti isinya gabungan dari Kemenpora, Kemenlu, Kemenko PM dan Kemendikbud yang nantinya berdiplomasi untuk mensosialisasikan pencak silat ini agar bisa dipertandingkan (eksibisi) di Olimpiade,” kata Menpora Dito di Kampus UNJ, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Upaya eksibisi ini dilakukan agar lebih mengenalkan olahraga pencak silat dan di Olimpiade 2028 bisa dipertandingkan secara resmi.

BERITA TERKAIT

Seperti diketahui, suatu cabang olahraga bisa dipertandingkan secara resmi apabila cabor tersebut harus dimiliki minimal 40 negara yang berasal dari tiga zona berbeda yang punya NOC.

Dan cabor yang akan dipertandingkan minimal pada Olimpiade sebelumnya sudah masuk pada cabor eksebisi.

“Kita masih upayakan jadi cabor resmi di Olimpiade karena untuk jadi cabor resmi kita harus banyak dukungan dari negara-negara lain,” terangnya.

Olimpiade Paris 2024 akan terselenggara pada 26 juli – 11 Agustus 2024.

Dalam ajang tersebut, hingga kini sudah ada enam atlet Indonesia yang memastikan lolos ke Olimpiade 2024. Jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Paris masih akan terus bertambah mengingat kualifikasi Olimpiade masih terus berjalan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas