Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru, HandsBall Asnawi, Nutmeg Arhan Hingga Bung Kus Tergocek Replay

Laga itu menyuguhkan aksi nutmeg dari Pratama Arhan serta betapa laga membuat tegang Bung Kusnaini. tiga sejarah baru dibuat Timnas Indonesia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru, HandsBall Asnawi, Nutmeg Arhan Hingga Bung Kus Tergocek Replay
Dok. PSSI
Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto berhasil membawa Indonesia meraih kemenangan pada laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Melawan tuan rumah Kuwait, Indonesia menang 2-1 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (8/9/2022). 

Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru, HandsBall Asnawi, Nutmeg Arhan Hingga Bung Kus Tergocek Replay

TRIBUNNEWS.COM - Penampilan heroik para pemain Timnas Indonesia membawa skuad Garuda mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 pada laga pembuka fase Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al Ahmad Kuwait, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

Dua gol dari Marc Klok lewat titik penalti dan Rachmat Irianto membuat Timnas Indonesia mereguk tiga poin perdana dalam perjuangan menembus putaran final Piala Asia 2023.

Kemenangan Timnas Indonesia itu tidak diperoleh secara mudah. Cenderung dikurung selama laga berjalan, Nadeo Argawinata dkk harus mempertahankan keunggulan sepanjang babak kedua.

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil Wonderkid Vitesse ke TC Timnas U-19 Indonesia, Ivar Jenner Susul Jim Croque?

Tim starter Kuwait menyanyikan lagu kebangsaan mereka menjelang pertandingan kualifikasi Piala Arab FIFA 2021 antara Bahrain dan Kuwait di Stadion Internasional Khalifa di Doha, pada 25 Juni 2021.
Tim starter Kuwait menyanyikan lagu kebangsaan mereka menjelang pertandingan kualifikasi Piala Arab FIFA 2021 antara Bahrain dan Kuwait di Stadion Internasional Khalifa di Doha, pada 25 Juni 2021. (KARIM JAAFAR / AFP)

Baca juga: Shin Tae-yong Tak Sepede Pelatih Malaysia, Realistis Timnas Indonesia Hadapi Tiga Lawan Berat

Pertandingan berjalan sangat menegangkan. Pada babak pertama tuan rumah unggul lebih dulu lewat sundulan Yousef Alsulaiman pada menit ke-41.

Namun, keunggulan tuan rumah tidak bertahan lama. Dua menit jelang turun minum, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Rachmat Irianto dijatuhkan di kotak terlarang. 

Marc Klok yang menjadi eksekutor dengan dingin mengeksekusi bola dari titik 12 pas. Pada babak kedua, Shin Tae-yong mengubah strategi dengan memasukkan M Rafli dan Witan Sulaeman.

BERITA TERKAIT

Kehadiran dua pemain bertipikal agresif ini membuat serangan Indonesia berjalan lebih efektif. Babak kedua belum genap berjalan dua menit, Indonesia berbalik unggul.

Berawal dari serangan M Rafli dan upaya dari Witan Sulaeman, Rachmat Irianto yang mendapatkan bola muntah berhasil mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Hussain Kankone.

Tertinggal 1-2 membuat Kuwait semakin gencar menyerang. Namun, kesigapan Rizky Ridho, Pratama Arhan, Fachrudin Aryanto, Elkan Bagot dan Nadeo Argawinata sukses menjaga keunggulan Indonesia. Laga pun berakhir dengan skor 2-1.

Ada sejumlah hal menarik dari laga tersebut, termasuk ukiran tiga sejarah baru yang dibuat Timnas Indonesia.

Laga itu menyuguhkan aksi nutmeg dari Pratama Arhan serta betapa laga membuat tegang para suporter Timnas Indonesia termasuk komentator pertandingan di televisi nasional, Mohamad Kusnaeni yang akrab disapa Bung Kus 'tergocek' sebuah tayangan ulang.

Dari hasil amatan dan dirangkum dari berbagai sumber, berikut hal-hal menarik atas kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait.

HandBall Asnawi Mangkualam

Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Bordin Phala pada pertandingan leg kedua final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Thailand dan Indonesia di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Bordin Phala pada pertandingan leg kedua final sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Thailand dan Indonesia di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas