Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Sah Jadi WNI, Hadirnya Calvin Verdonk Memperkaya Komposisi Pemain Timnas Indonesia

Susunan pemain Timnas Indonesia dengan adanya Calvin Verdonk, memperkaya komposisi skuad Shin Tae-yong. Akankah dimainkan lawan Irak atau Filipina?

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Nuryanti
zoom-in Sah Jadi WNI, Hadirnya Calvin Verdonk Memperkaya Komposisi Pemain Timnas Indonesia
Instagram @farybachdim
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) berfoto bersama calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni bek NEC Nijmegen, Calvin Verdonk (tengah), saat tur Eropa beberapa waktu lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - Susunan pemain Timnas Indonesia dengan adanya Calvin Verdonk, memperkaya komposisi skuad Shin Tae-yong.

Calvin Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah pada Selasa (4/6/2024) malam.

Proses naturalisasi Calvin Verdonk berjalan dengan cepat dalam pekan ini, niatnya, pemain kelahiran Belanda itu ditargetkan selesai segala urusan administrasi termasuk ke FIFA agar bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam kualfikasi Piala Dunia 2026 pada Juni ini melawan Irak dan Filipina.




Belum diketahui pasti, apakah pemain berusia 27 tahun tersebut sudah bisa dimainkan melawan Irak pada 6 Juni atau Filipina pada 11 Juni mendatang.

Calvin Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Selasa (4/6/2024) malam WIB.
Calvin Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Selasa (4/6/2024) malam WIB. (Instagram @erickthohir)

Namun yang pasti, kehadiran Calvin Verdonk di sisi kiri akan memperkaya skuad Timnas Indonesia.

Calvin Verdonk yang bermain untuk klub NEC Nijmegen, Eredivisie biasa mengisi pos bek kiri (LB). Dia juga bisa berperan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Pada musim 2023/2024, Calvin Verdonk hanya bermain di dua posisi, bek tengah dan bek kiri. Dominasinya menempati bek kiri.

Baca juga: 5 Hal Tentang Bergabungnya Calvin Verdonk di Sesi Latihan Timnas Indonesia

BERITA TERKAIT

Selama bermain di dua posisi tersebut, Calvin Verdonk berhasil mencetak 2 gol dan 2 assist, menurut statistik Transfermarkt.

Dia tampil reguler dalam starting XI NEC Nijmegen di 33 pertandingan Eredivisie. Jika ditotal, Calvin Verdonk memainkan 40 pertandingan di semua kompetisi musim 2023/2024.

Menit bermain yang menjanjikan itu bisa menjadi modal untuk Timnas Indonesia, ditambah dengan bekal pengalaman yang dia miliki berkompetisi di Liga Belanda.

Perlu diketahui, pesaing Calvin Verdonk di sisi kiri Timnas Indonesia ada Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Nathan Tjoe-A-On.

Tapi khusus untuk Nathan, Shin Tae-yong belakangan lebih kerap memainkan pemain keturunan Semarang itu sebagai gelandang.

Shayne Pattynama baru pulih dari cedera, meskipun sempat menjalani pertandingan ujicoba melawan Tanzania selama 45 menit.

Sedangkan Pratama Arhan masih sulit bersaing dan mendapat menit bermain di level klub bersama Suwon FC.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas