Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Tuah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nasib Ivankovic Bisa seperti Graham Arnold dan Troussier

Situasi pelik pelatih China, Branko Ivankovic di kursi kepelatihan. Hasil 2 laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Oktober bisa jadi penentu masa depan.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Tuah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nasib Ivankovic Bisa seperti Graham Arnold dan Troussier
AFP/KARIM JAAFAR
Pelatih Oman asal Kroasia Branko Ivankovic berbicara kepada para pemainnya selama pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Kyrgyzstan dan Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Tuah Shin Tae-yong bisa membuat Branko Ivankovic dipecat atau mengundurkan diri dari kursi pelatih timnas China. Sejak melatih Timnas Indonesia pada akhir 2019, Shin Tae-yong setidaknya sudah membuat lima pelatih menerima dampak itu.

Pelatih pertama adalah Tan Chen Hoe yang menangani Malaysia pada 2021 lalu. Kemudian ada tatsuma Yoshida (pelatih Singapura), Vitezslac Lavicka (Kuwait), Philippe Troussier (Vietnam), dan yang terbaru ada Graham Arnold (Australia).

Andil Shin Tae-yong adalah memberikan perlawanan kepada tim yang dibesut oleh pelatih-pelatih di atas. Entah itu kemenangan atau imbang, ditambah dengan rentetan buruk dari hasil pertandingan sebelumnya tim-tim tersebut.

Ke depannya, ada kandidat baru yang bisa merasakan dampak tersebut, dia adalah pelatih China, Branko Ivankovic.

Pelatih Oman asal Kroasia Branko Ivankovic menendang bola saat pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Kyrgyzstan dan Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
Pelatih Oman asal Kroasia Branko Ivankovic menendang bola saat pertandingan sepak bola Grup F Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Kyrgyzstan dan Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP (AFP/KARIM JAAFAR)

Diketahui, Timnas Indonesia bakal melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 3 melawan Bahrain (10/10) dan China (15/10). Kedua laga tersebut dijalani dengan status tim tamu alias laga tandang.

Timnas Indonesia kini berada di urutan keempat klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, sementara China berada di peringkat terbawah.

China kalah dua kali dengan jumlah kebobolan 9 gol, hasil mengejutkan ketika dibantai Jepang 7-0.

Baca juga: Timnas Indonesia vs Bahrain: Jadwal, Rekor Pertemuan, hingga Perhitungan Poin FIFA

BERITA REKOMENDASI

Sebelum melawan Timnas Indonesia, anak asuh Branko Ivankovic akan bertandang ke Adelaide Oval terlebih dahulu untuk menghadapi Australia (10/10).

Pertanyaannya, mampukah Branko Ivankovic membawa China terhindar dari empat kekalahan berturut-turut di kualifikasi Piala Dunia 2026?

Kabarnya, status Branko Ivankovic di kursi kepelatihan China tidak baik-baik saja.

Situasinya memanas karena dua hasil pada September lalu. Yang lebih apes ketika menjamu Arab Saudi di kandang, bermodalkan unggul jumlah pemain (11vs10), China justru kalah dari tim besutan Mancini itu.

Media China, 163.com menyoroti, China di bawah kepemimpinan Branko Ivankovic sangatlah buruk.

Dia telah memimpin China dalam 6 pertandingan, hasilnya hanya satu kemenangan yang bisa diperoleh. 

Lima laga lainnya berakhir dengan 3 kekalahan, dan dua kali imbang.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
6
5
0
1
12
2
10
15
2
Man. City
6
4
2
0
14
6
8
14
3
Arsenal
6
4
2
0
12
5
7
14
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas