Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Air Liur Tak Terasa Menetes Lihat Tahu Gimbal Berisi Bakwan Udang, Ketupat, Telur dan Tauge

Tahu gimbal berisi bakwan udang, tahu, telur mata sapi, ketupat, irisan kobis, tauge, kemudian di siram bumbu kacang ini menggoda hasrat.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Air Liur Tak Terasa Menetes Lihat Tahu Gimbal Berisi Bakwan Udang, Ketupat, Telur dan Tauge
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Tahu Gimbal Pak Yono di Jalan Tentara Pelajar, di Yogyakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNNEWS.COM, BANTUL - Orang mengenal hidangan tahu gimbal adalah kuliner khas Semarang.

Meski jarak antara Semarang dan Yogyakarta tidak terlalu jauh, tetapi tidak cukup banyak yang berjualan tahu gimbal di Yogyakarta.

Salah satu penjual tahu gimbal di Yogyakarta berada di jalan Parangtritis km. 7, Dusun Bangi, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, tepatnya di samping Puskesmas Sewon I atau depan SMP Negeri 1 Sewon.


Adalah Iswadi (37) yang dengan menggunakan gerobak bertuliskan Tahu Gimbal Dila dan tenda sederhana berjualan di tempat tersebut sejak sekitar tahun 2008.

"Sebelumnya saya telah berjualan tahu gimbal sejak tahun 2000. Saat itu saya jualan dengan cara keliling di kawasan Malioboro," jelas Iswadi

BERITA TERKAIT

Setiap harinya Iswadi mulai melayani pembeli sekitar jam 08.00 hingga 15.00.

Satu porsi tahu gimbal berisikan gimbal (bakwan udang), tahu, telur mata sapi, ketupat, irisan kobis, tauge, kemudian di siram dengan bumbu kacang, dan ditaburi daun sledri.

Saat mencicipi tahu gimbal ini anda akan mendapatkan Kombinasi rasa dari gurihnya udang, telur ceplok, tahu, segarnya sayuran, berpadu pas dengan gurih pedasnya bumbu kacang yang disiram di atasnya.

Tahu dan gimbal yang ada di menu tersebut salalu hangat, karena gimbal yang dimasak setengah matang akan digoreng lagi bersama tahu dan telur.

A photo posted by Deena Handayani (@deena_hp) on


Untuk sambal kacangnya pun dibuat setelah ada pesanan dari pembeli. Sambal kacang tersebut terbuat dari kacang tanah goreng yang sebelumnya telah ditumbuk kasar, diulek bersama bawang putih dan cabai rawit.

Iswadi sejatinya adalah orang asli Klaten.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas