Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Blog Tribunners

Penyebab Kecerdasan Otak Bisa Menurun

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting, untuk itu menjaga kesehatan otak merupakan hal wajib di lakukan.

Penyebab Kecerdasan Otak Bisa Menurun
IST
Ilustrasi otak manusia
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otak merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting, untuk itu menjaga kesehatan otak merupakan hal wajib di lakukan.
 
Namun banyak orang yang kurang menyadari untuk menjaga otak mereka. Tanpa disadari ada beberapa hal atau penyebab yang membuat otak mengalami penurunan kecerdasan.
 
Berikut beberapa penyebab menurunnya kecerdasan otak.
 
1. Kurang Tidur
 
Sama halnya dengan organ tubuh yang lainnya otak juga memerlukan waktu istirahat untuk memulihkan kemampuannya, kurang tidur bisa membuat seseorang mengalami kecemasan atau depresi. Untuk itu sebaiknya Anda tidur secara teratur selama 8 jam setiap malamnya.
 
2. Kebiasaan Buruk Merokok
 
Penyebab kecerdasan otak menurun berikutnya ialah merokok yang bisa mengganggu fungsi otak dan kesehatan mental. Tidak hanya itu merokok juga bisa menurunkan kemampuan mengingat.
 
3. Kebanyakan Tidur
 
Tidak hanya kurang tidur namun ternyata kebanyakan tidur juga bisa mengakibatkan kecerdasan otak menurun, selain itu menurut penelitian seseorang yang sering atau suka tidur bisa mengakibatkan depresi.
 
4. Kurang Berolahraga
 
Selanjutnya ialah kurang olahraga yang ternyata bisa mengurangi kesehatan mental dan rentan terhadap stres. Karena, fungsi berolahraga selain mampu menyehatkan tubuh, juga bisa sehat secara mental.
 
5. Otak Kekurangan Nutrisi
 
Otak juga sama dengan organ tubuh lainnya, membutuhkan nutrisi dari makanan sehat. Sebaiknya hindari makan makanan berlemak atau makanan tidak sehat. Konsumsi makanan kaya nutrisi untuk otak, seperti ikan, telur, sayuran, buah-buahan dan susu.

Selengkapnya

Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas