Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Thahir Al-Haddad, Bapak Feminisme Tunisia

hahir bin Ali bin Balqasim al-Haddad. Ia lahir di Ibukota Tunis pada tahun 1899.Sejak kecil, Thahir al-Haddad belajar di Kuttab.

Editor: Husein Sanusi
zoom-in Thahir Al-Haddad, Bapak Feminisme Tunisia
Dokumen Pribadi KH. Imam Jazuli.
Patung Thahir Al-Haddad diabadikan di Tunisia, foto diambil pada Rabu (21/12/2022). Thahir adalah bapak Feminisme Tunisia, Nama lengkapnya adalah Thahir bin Ali bin Balqasim al-Haddad. Ia lahir di Ibukota Tunis pada tahun 1899. 

Thahir Al-Haddad, Bapak Feminisme Tunisia

Catatan Perjalanan KH. Imam Jazuli, Lc. MA.*

TRIBUNNEWS.COM - Tak terasa. Sudah lebih satu jam. Penulis, Gus Dubes Zuhairi Misrawi masih terus berdialog. Kali ini tentang diskursus dan gerakan feminisme di Tunisia. Tokoh yang diangkat Thahir al-Haddad, yang juga alumni kampus Zaitunah.

Siapa Thahir al-Haddad? Bagaimana ia bisa menjadi pencetus feminisme?

Nama lengkapnya adalah Thahir bin Ali bin Balqasim al-Haddad. Ia lahir di Ibukota Tunis pada tahun 1899. Keluarganya merantau dari desa ke ibukota. Ia berusia 12 tahun ketika sang ayah meninggal dunia.

Sejak kecil, Thahir al-Haddad belajar di Kuttab. Baru pada tahun 1920, ia menempuh pendidikan di kampus Zaitunah. Karena ia lahir dari keluarga kelas menengah ke bawah, saat belajar di kampus ia juga ikut gerakan serikat buruh.

Baca juga: Dari Zaitunah untuk Dunia dan Budaya Tidak Berhijab di Tunisia

Tidak saja itu, Thahir al-Haddad juga menjadi aktivis politik. Ia bergabung dengan Al-Hizb Al-Hurr Al-Dusturiy (Parti Libre Destourien), sejak 1920 sampai 1930. Di partai politik ini, ia banyak menyuarakan kepentingan kelas buruh.

BERITA TERKAIT

Bergabungnya Thahir al-Haddad ke partai politik adalah peran besar alumni kampus Zaitunah lainnya. Ia bernama Syeikh Abdul Aziz al-Tsa'alabi. Di bawah supervisi al-Tsa’alabi, Thahid al-Haddad menjadi aktivis sekaligus intelektual sejati.

Sebagai ayah intelektual, al-Tsa’alabi banyak mendukung gerakan dan langkah al-Haddad. Misalnya, banyak intelektual Tunisia yang menyerang pemikiran Thahir Haddad. Sebab, ia dikenal sebagai pemikir muslim modernis, bahkan sekuler.

Salah satu pengkritik keras pemikiran dan gerakan Thahir al-Haddad adalah alumni Universitas Zaitunah lainnya, yaitu Thahir bin Asyur. Ibnu Asyur mengeluarkan fatwa melarang kitab karya al-Haddad.

Penentang Thahir al-Haddad lainnya, yang juga alumni Universitas Zaitunah, adalah Syeikh Muhammad Sholeh bin Murad. Ia menulis buku berjudul "Saiful Haqq 'ala man La Yara al-Haqq," ditujukan menyerang pemikiran Thahir al-Haddad.

Baca juga: Habib Burguibah dan Sekularisasi Tunisia

Lebih dari itu, beberapa surat kabar seperti Al-Zahra, Al-Wazir, dan Al-Nahda mengeluarkan artikel yang menuduh kezindikan Thahir al-Haddad.

Ketika itu semua terjadi, Al-Tsa'alabi hadir sebagai benteng pembela pemikiran al-Haddad. Sejak itulah, kiprah dan pemikiran Abul Aziz al-Tsa’alabi sangat mempengaruhi Thahir Haddad. Bahkan, di mata al-Tsa’alabi, al-Haddad adalah segelintir intelektual yang pantas menjadi pendiri Parti Libre Destourien (PLD).

Saking besarnya pengaruh al-Tsa’alabi kepada Thahir al-Haddad, terjadilah peristiwa yang menyedihkan. Al-Haddad merasa dirinya menjadi anak yatim piatu yang kedua kalinya. Pada tahun 1923, al-Tsa'alabi memilih pergi merantau ke Arab Masyriq.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas