Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Pengguna Platform Marketplace Di Indonesia Didominasi Oleh Generasi Milenial Dan Generasi Z

Pola hidup seseorang berubah karena adanya kemudahan dalam berkomunikasi, mengerjakan pekerjaan, serta melakukan transakasi ekonomi

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Pengguna Platform Marketplace Di Indonesia Didominasi Oleh Generasi Milenial Dan Generasi Z
Dok. pribadi
Dr.H.Ari Arisman.,SE.,MM 

OLEH: Dr.H.Ari Arisman.,SE.,MM

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI yang terjadi saat ini berdampak pada berubahnya pola hidup manusia yang ingin serba lebih mudah, cepat, dan praktis.

Pola hidup seseorang berubah karena adanya kemudahan dalam berkomunikasi, mengerjakan pekerjaan, serta melakukan transakasi ekonomi tanpa harus bertemu secara langsung.

Salah satu yang mengalami perubahan dari adanya kemajuan teknologi ini yaitu pada berbagai macam platform e-commerce. Perkembangan E-commerce hadir membawa perubahan pada sistem penjualan dari konvensional menjadi sistem penjualan seacara digital atau online.

Platform E-commerce menjadi tanda bahwa kemajuan teknologi ini dapat menjadi hal yang dapat dipertimbangkan perusahaan untuk melakukan penjualan barang atau jasanya.

Tren peningkatan pengguna platform marketplace di Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan Generasi Z yang berkontribusi sebesar 85 persen dari total transaksi.

Generasi ini memang dikenal dengan generasi yang konsumtif sebagai dampak dari kemudahaan pencarian informasi untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan mereka, kapanpun dan dimanapun, dan hanya mengandalkan gawai yang mereka miliki.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan tingginya angka traffic share pengguna marketplace di Indonesia yang menggambarkan tingginya tingkat switching dari pengguna antar platform marketplace, yang identik dengan perilaku penyimpangan atau adanya krisis loyalitas dari pengguna marketplace Indonesia.

Hal ini juga merupakan gambaran dimana perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas dari setiap pengguna platform belanja online.

Perusahaan harus mampu memberikan strategi pemasaran yang yang tepat agar tetap menjadi pilihan utama ditengah ketatnya persaingan platform marketplace di Indonesia.

SOLUSI

Satu kata kunci untuk dapat menjawab permasalahan di atas yaitu 'Loyalitas'. Loyalitas dapat diartikan sebagai komitmen yang dipegang teguh untuk berlang

ganan pada produk atau jasa yang disukai secara konsisten di masa depan. Loyalitas menjadi bagian penting dalam menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, karena dapat memperoleh jumlah pelanggan yang lebih banyak dan mampu memperoleh pangsa pasar yang lebih tinggi.

Saya mengembangkan suatu model bisnis yang dinamakan sebagai model loyalitas marketplace. Loyalitas pelanggan khususnya dalam industri perdagangan digital memiliki korelasi yang kuat dengan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh masing-masing provider website.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas