Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Skenario Terburuk, Jalur Gaza Jatuh ke Tangan Israel

Israel menyiapkan operasi darat besar-besaran ke Hamas dan Jalur Gaza. Ratusan ribu tentara sudah digelar di Israel selatan.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Skenario Terburuk, Jalur Gaza Jatuh ke Tangan Israel
JACK GUEZ / AFP
Sebuah howitzer self-propelled Israel ditempatkan di dekat perbatasan dengan Gaza di Israel selatan pada 10 Oktober 2023. Israel menyerang sasaran Hamas di Gaza pada 10 Oktober dan mengatakan mayat 1.500 militan Islam ditemukan di kota-kota selatan yang direbut kembali oleh tentara dalam upaya yang sangat melelahkan. pertempuran di dekat daerah kantong Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Mobilisasi besar-besaran yang dilakukan Israel ke perbatasan Jalur Gaza saat ini memberi gambaran ada tujuan besar yang ingin dicapai rezim zionis.

Tujuan yang lebih dari sekadar membalas serangan mematikan Hamas. Militer Israel menegaskan perang melawan Hamas akan berlangsung lama.

Indikator lain, pemerintah Israel telah menyarankan masyarakat sipil Jalur Gaza untuk  memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mengevakuasi diri ke lokasi aman.




Jalur Rafah, koridor satu-satunya Jalur Gaza ke wilayah Mesir masih terbuka. Ini opsi penyelamatan paling rasional  yang masih bisa dilakukan rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Selama bertahun-tahun, Jalur Gaza adalah enclave Palestina yang dikepung dari segala jurusan. Akses udara, laut praktis tertutup dengan dunia luar.

Banyak yang menyebut Jalur Gaza adalah penjara terbesar di dunia yang dikontrol pemerintah zionis Israel.

Dengan penduduk sekira dua juta jiwa, Jalur Gaza adalah wilayah paling padat di dunia berisi kamp-kamp pengungsi Palestina.

BERITA TERKAIT

Ekonominya tergantung ke Israel dan bantuan negara-negara serta pendonor internasional. Listrik, air, BBM, bahan pokok pangan juga tergantung akses dari Israel.

Bola api meletus akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada tanggal 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayahnya meningkat menjadi 900 orang di Israel, yang membalas dengan rentetan serangan yang melemahkan di Gaza, meningkatkan peningkatan korban tewas di sana menjadi 687.
Bola api meletus akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada tanggal 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayahnya meningkat menjadi 900 orang di Israel, yang membalas dengan rentetan serangan yang melemahkan di Gaza, meningkatkan peningkatan korban tewas di sana menjadi 687. (MAHMUD HAMS / AFP)

Sekarang, Israel telah menghentikan semua akses itu. Sepanjang perbatasan Jalur Gaza ke wilayah Israel telah dibanjiri mesin-mesin tempur dan ratusan tentara siap tempur.

Operasi darat ke Jalur Gaza diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari atau pekan mendatang, tergantung kesiapan logistik dan ketersediaan amunisi untuk pertempuran.

Israel juga masih menunggu datangnya bantuan senjata dari AS, termasuk menunggu kedatangan armada tempur laut yang dipimpin kapal induk USS Gerard Ford.

Fakta lain, kelompok Hamas diperkirakan kehilangan 1.500 petempurnya yang dikerahkan saat serangan massal 7 Oktober 2023.

Ribuan petempur itu bagian orang-orang paling terampil berperang. Hamas juga telah meluncurkan lebih dari 5.000 roket Qassam.

Stok roket mereka pastinya tidak mungkin tidak terbatas. Selain itu bombardemen udara Israel ke Jalur Gaza telah meratakan pusat komunikasi dan gedung-gedung Hamas.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas