Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mossad, Kurdistan, Minyak Ilegal, dan Pijakan Goyah di Timur Tengah

Mossad atau Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim adalah dinas rahasia Israel yang diakui hebat lewat berbagai operasi kotor di luar negeri.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Mossad, Kurdistan, Minyak Ilegal, dan Pijakan Goyah di Timur Tengah
via Daily Sabah
Ilustrasi Mossad Israel 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Sebelas peluru kendali (rudal) balistik Fateh-110 Iran menghantam sasaran di Irak pada 15 Januari 2024.

Ledakan dahsyat mengguncang Erbil (Arbil), ibu kota Kurdistan Irak. Sebuah rumah besar kediaman taipan Kurdi, Peshraw Dizayee (61), hancur.  

Pemiliknya berikut sejumlah anggota keluarganya dan rekan bisnisnya terbunuh seketika. Korps Garda Republik Iran (IRGC) mengklaim telah menghancurkan markas jaringan Mossad di Erbil.




Serangan ini merupakan respons terhadap pembunuhan para pemimpin IRGC dan poros perlawanan Iran terhadap Israel.

“Kami menjamin bangsa kami operasi ofensif Garda Revolusi akan terus berlanjut sampai titik darah terakhir para martir terbalaskan,” kata IRGC lewat sebuah pernyataan tertulis saat itu.

Serangan militer jarak jauh Iran ini dipantik pembunuhan baru-baru ini terhadap beberapa anggota IRGC di Suriah.

Pelakunya Israel, yang secara berkala membom sasaran-sasaran terkait Iran di Suriah maupun Irak. Peran Mossad sebagai ujung tombak intelijen di lapangan sangat besar.

Baca juga: Rudal Iran Bikin Markas Mossad Israel di Erbil Rata Tanah, Irak Sewot, AS: Serangan Ceroboh!

Baca juga: Penampakan Markas Mossad di Erbil Irak Jadi Puing, Dihajar 24 Rudal Balistik Iran

BERITA TERKAIT

Mossad atau Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim adalah dinas rahasia Israel yang diakui kehebatannya lewat berbagai operasi kotor di luar negeri.

Mossad adalah salah satu entitas utama dalam komunitas intelijen Israel, bersama Aman dan Shin Bet.

Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen serta operasi rahasia berkualifikasi sangat tinggi di luar Israel.

Pelacakan dan pembunuhan target Israel di berbagai negara adalah ketrampilan tinggi Mossad, selain kekejamannya yang mengerikan.  

Sejak lama Mossad menyusup ke berbagai negara di Timur Tengah maupun Afrika Utara untuk tujuan mengamankan kepentingan Israel.

Satu di antara paling fenomenal adalah kisah hebat Eli Cohen, agen rahasia Mossad di Suriah yang nyaris jadi pejabat tinggi pertahanan negara itu.

Ia berhasil menyusup ke elite Suriah, dan memberi andil besar kemenangan Israel dalam peperangan melawan Suriah di dataran tinggi Golan.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas