Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Guru Besar, Prabowo, Gibran, Lalu Siapa Lagi?

Kepekaaan guru besar yang mengeluarkan imbauan moral itu terbilang terlambat muncul. Padahal, tanda-tanda despotisme Jokowi telah tampak sejak lama.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Guru Besar, Prabowo, Gibran, Lalu Siapa Lagi?
Kolase Tribunnews/istimewa
Presiden Jokowi. Reza Indragiri Amriel mengatakan, kepekaaan guru besar yang mengeluarkan imbauan moral itu terbilang terlambat muncul. Padahal, menurutnya, tanda-tanda despotisme Jokowi telah tampak sejak lama. 

TRIBUNNERS - Sempurna sudah; Gibran, selaku calon wakil presiden, memang lahir dari rahim niretik.

Bayangkan jika dia dan Prabowo keluar sebagai pemenang pesta demokrasi 2024, apa yang bisa kita katakan tentang presiden dan wakil presiden Indonesia?

Lalu, siapa yang semestinya bisa dan bertanggungjawab atas kelancungan politik yang saya sinonimkan dengan Gibrangate itu?

Mungkinkah mosi yang disampaikan sekian banyak guru besar perguruan tinggi pada hari-hari belakangan ini akan berdampak pada perubahan situasi? Semestinya demikian.

Para guru besar sudah bersuara. Itu patut dinilai sebagai sikap yang sangat positif dan konstruktif. Tapi, tanpa mengurangi rasa hormat kepada para Begawan itu, saya memandang mosi para guru besar itu sebagai tiga hal.

Pertama, mereka “hanya” berani main keroyokan. Bandingkan dengan Prof. Amien Rais dan Prof. Din Syamsudin yang sudah sejak dulu berani melontarkan kritik bertubi-tubi secara sendirian.

Ada pula nama Taufik Bahaudin. Dikenal selalu mengenakan jaket almamaternya yang berwarna kuning, Taufik Bersama UI Watch tak putus-putus menyoroti kebijakan dan kelakuan tidak pantas rezim. Dan itu sudah mereka lakukan sejak periode awal kepresidenan Jokowi.

BERITA TERKAIT

Kedua, kepekaan para guru besar yang mengeluarkan imbauan moral itu terbilang terlambat muncul. Padahal, tanda-tanda despotisme Jokowi telah tampak sejak lama.

Tentu semua ingat, misalnya, Rocky Gerung dan Ustad Abdul Somad sudah sejak lama berulang kali dilarang masuk kampus. Kriminalisasi juga berlangsung di sana-sini berujung pada pemenjaraan terhadap kalangan oposisi.

Ketiga, pernyataan para guru besar sebatas imbauan klise dan normatif.

Imbauan moral hari ini tidak akan bisa menjebol despotisme yang sudah kadung menggurita ke mana-mana dan mengooptasi sekian banyak lembaga negara.

Setelah kerusakan ini terlanjur parah, para guru besar baru hadir, itu pun dengan diksi-diksi klise yang pasti diabaikan penguasa.

Karena para kaum cerdik cendekia yang datang dari kampus sangat diragukan akan bisa berefek gempur terhadap rezim, maka sosok berikutnya adalah Prabowo!

Prabowo harus memilih salah satu opsi.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas