Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Hasyim Asy'ari, Relasi Kuasa dan Sindrom Cleopatra

DKPP menyatakan hubungan badan itu terjadi pada 3 Oktober 2023 di Hotel Van Der Valk, Amsterdam, ketika DKPP menyelenggarakan bimbingan teknis.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hasyim Asy'ari, Relasi Kuasa dan Sindrom Cleopatra
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memberikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers pemecatan dirinya sebagai Ketua KPU oleh DKPP di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (3/7/2024). Dalam keterangannya, Hasyim Asy'ari hanya mengucapkan terima kasih kepada DKPP yang telah memberhentikan dirinya sebagai Ketua KPU pasca diberhentikannya Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU oleh DKPP terkait kasus dugaan asusila kepada Anggota PPLN Den Haag. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Oleh: Karyudi Sutajah Putra*

TRIBUNNEWS.COM - Bak petir di siang bolong, Hasyim Asy'ari dicopot dari jabatan Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (3/7/2024).

Maka berkelindanlah di sini antara teori Relasi Kuasa dan Sindrom Cleopatra.

Dalam keputusan yang dibacakan Heddy Lugito, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini menyebut Hasyim terbukti melakukan pemaksaan hubungan badan terhadap seorang perempuan berinisial CAT (Cindra Aditi), anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Belanda wilayah Den Haag untuk Pemilu 2024.

DKPP menyatakan hubungan badan itu terjadi pada 3 Oktober 2023 di Hotel Van Der Valk, Amsterdam, ketika DKPP menyelenggarakan bimbingan teknis di Den Haag.

Eit, entahlah! Ternyata aku tidak tertarik dengan riwayat atau kisah Hasyim Asy'ari sekarang ini.

Misalnya, untuk mendesak CAT atau pihak mana pun melaporkan Hasyim ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

BERITA TERKAIT

Biarlah itu menjadi urusan mereka, meskipun potensi pelanggaran pidana itu ada.

Aku juga tidak tertarik mengomentari pelanggaran kode etik Hasyim karena faktanya mantan dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kelahiran Pati, Jawa Tengah, tahun 1973 ini sudah kerap terkena sanksi dari DKPP.

Baca juga: Jawaban Ketua KPU Diajak Korban untuk Cek Kesehatan usai Hubungan Badan: ‘Iyaa Siap Sayang’

Dikutip dari berbagai sumber, pada Maret 2023, DKPP memutuskan Hasyim melanggar kode etik karena pernyataannya soal sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024. DKPP kemudian menjatuhkan sanksi peringatan kepada mantan anggota KPUD Jateng itu.

Pada April 2023, DKPP menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Hasyim karena memiliki hubungan pribadi dengan Hasnaeni Moein alias Wanita Emas, Ketua Umum Partai Republik Satu.

Dalam putusan DKPP itu, Hasyim terbukti melakukan perjalanan pribadi dari Jakarta menuju Yogyakarta bersama Hasnaeni pada 18 Agustus 2022 di mana tiket perjalanan ditanggung oleh Wanita Emas itu.

Jadi, terkait kasus wanita, bukan kali ini saja Hasyim terkena getahnya.

Lalu, pada Oktober 2023, Hasyim diberi sanksi peringatan keras oleh DKPP terkait keterwakilan calon anggota legislatif (caleg) perempuan yang bertentangan dengan Undang-Undang (UU) No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas