Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

KH Dr Hamzah Haz, Sosok Santri Politisi yang Ideal

Hamzah Haz merupakan salah satu dari sedikit aktivis NU yang konsisten di jalur politik sejak di usia muda sampai puncak karir.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in KH Dr Hamzah Haz, Sosok Santri Politisi yang Ideal
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas mengusung peti jenazah wakil presiden ke-9 Hamzah Haz di kediamannya dikawasan, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024). Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz wafat di RSPAD Gatot Subroto pada umur 84 tahun. Hamzah Haz merupakan wakil presiden yang mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004. Tribunnews/Jeprima 

Oleh KH. Imam Jazuli, Lc., MA.

Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Kemarin Rabu (24/7/2024), kita kehilangan tokoh reformasi dan guru bangsa: Wakil Presiden ke-9 RI, KH. Dr. Hamzah Haz.

Hamzah Haz meninggal pukul 09.30 WIB di usia 84 tahun di RSPAD Gatot Soebroto.




Almarhum merupakan Wakil Presiden RI yang pernah mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri pada masa jabatan 2001-2004.

Dalam buku "60 tahun Hamzah Haz di bawah Panji-Panji Ka'bah: Konsistensi dan Integritas perjuangan", karib dan sejawatnya tidak saja menyebut sebagai sosok santri yang politikus, atau politisi santri, tetapi juga sang begawan ekonomi dengan gagasan kemandirian nasional yang sangat kuat.

Salah satu karya tulisnya adalah: "Indonesia Baru dan Kemandirian Nasional," menyuguhkan tentang pemikiran dalam bidang ekonomi sejak zaman orde baru semasa ia menjadi anggota dewan yang menggeluti masalah anggaran sampai era reformasi dan bagaimana di masa yang akan datang.

Hamzah Haz merupakan salah satu dari sedikit aktivis NU yang konsisten di jalur politik sejak di usia muda sampai puncak karir.

BERITA TERKAIT

Almarhum merupakan orang NU pertama yang berhasil memimpin PPP.

Gus Dur mengatakan bahwa Hamzah berhasil menjadi wakil presiden bukan karena ia NU, tetapi karena karakter pribadinya yang kuat.

Sementara menurut KH Hasyim Muzadi dalam pandangannya mengatakan, bahwa Hamzah Haz itu orang NU, beribadah secara NU, dan berpikir menganai hubungan antara agama dan negara model NU dengan sudut pandang yang luas, maka wajar bisa diterima banyak kalangan.

Dalam pengakuannya, Hamzah Haz secara pribadi pernah nyantri kepada KH Idham Chalid, tokoh asal Amuntai, Kalimantan Selatan yang memimpin NU paling lama.

"Saya sendiri bisa menjadi wakil presiden ini karena berkah ngaji kepada Kiai Idham Chalid," kata Hamzah Haz suatu ketika.

Dikutip dari buku Biografi Presiden dan Wakil Presiden karya Muhammad EI-Brahimy, Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat pada 15 Februari 1940.

Sejak SMP, Hamzah dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas