Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Menanti Nasib Anies di Jakarta, Semanis Dulu atau Dikalahkan Kubu Jokowi Cs Lagi?

Banyak cibiran tentang kepantasannya sebagai mantan Capres yang kembali turun kasta karena akan jadi calon gubernur lagi, Anies bergeming.

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Yulis
zoom-in Menanti Nasib Anies di Jakarta, Semanis Dulu atau Dikalahkan Kubu Jokowi Cs Lagi?
Tribunnews.com/Rahmad W Nugraha
Anies Baswedan menghadiri Tabligh Akbar 1 Muharram yang diselenggarakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) DKI Jakarta.    

PENDAFTARAN pasangan calon kepala daerah ke KPU tinggal beberapa hari lagi. Dinamika serta tensi politik kini sedang tinggi-tingginya. Partai politik sibuk melakukan lobi, negoisasi dan juga beradu strategi agar jagoan mereka bisa memenangi Pilkada serentak 27 November 2024 nanti.

Meski tak lagi berstatus sebagai Ibu Kota Negara lagi semenjak UU IKN Nusantara disahkan DPR pada 18 Januari 2022 lalu, Jakarta tetap menjadi episentrumnya politik. Terlebih, Anies Baswedan siap mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Anies yang baru menjabat satu periode sebagai Gubernur Jakarta, tak ada kendala hukum untuk berkontestasi lagi. Banyak cibiran tentang kepantasannya sebagai mantan Capres yang kembali turun kasta karena akan jadi calon gubernur lagi, Anies bergeming.

Anies secara terbuka mengaku siap maju. Anies makin gesit. Terlebih elektabilitas Anies di berbagai lembaga survei, hampir menyentuh angka 50 persen, atau jauh melampaui nama-nama lain.

Pergerakan Anies menemui warga, menghadiri deklarasi relawan dan juga sekedar memenuhi undangan masyrakat atau hadir di keramaian publik seperti car free day, membuat kubu pengusung Prabowo Gibran makin gerah.

Terlebih PDIP yang kini menjadi pengkritik utama Jokowi, mulai membuka wacana dan peluang untuk mengusung Anies. Bisa dicatat, saat Pilpres 2024 lalu, PDIP yang biasanya paling keras menyoal Anies, waktu itu terkesan akur.

PKB yang sudah bersama Anies di Pilpres, juga sudah mengusulkan Anies meski baru di level DPP PKB Jakarta. Belum lagi Partai Nasdem dan PKS yang sudah bersama-sama Anies di Pilpres, bisa jadi penyokong utama kembali.

BERITA TERKAIT

Dukungan untuk Anies kian terlihat solid. Namun kubu Jokowi - Prabowo yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) tak tinggal diam. Mereka berupaya keras agar kandidat yang akan diusung bisa menjadi penguasa Jakarta. Atau bagaimana caranya mengalahkan Anies.

Awalnya dimunculkan nama Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat. Elektabilitas Kang Emil selama ini tertinggi kedua setelah Anies. Kang Emil diyakini bisa menjadi pesaing kuat Anies. Sama-sama muda, cerdas dan familiar di kalangan muda.

Kang Emil yang tak lain pengurus teras Golkar, sebenarnya memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Barat. Jauh di atas Dedi Mulyadi yang lagi ngetop gegara menjadi youtuber mengulas jejak kelam kasus Vina Cirebon. Gerindra sudah memastikan akan mengusung Kang Dedi Mulyadi atau DeMul di Jabar.

Baca juga: Golkar Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilgub Jabar, PDIP Siapkan Ono Surono 

Golkar dan Ridwan Kamil yang gamang. Golkar sepertinya tak rela, rumah pemenangan sekaligus lumbung suara di Jabar diberikan begitu saja ke Gerindra

Belakangan, Golkar dan Gerindra terlihat mulai menemukan jalan keluarnya. Jargon KIM Plus digaungkan.

KIM Plus artinya, selain parpol pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres, bisa bertambah parpol yang dulunya mengusung kandidat lain. KIM terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora dan Garuda.

KIM Plus ini rasanya tidak hanya di Jakarta. KIM Plus bisa terjadi di Jateng, Jatim. Bahkan KIM Plus ini sepertinya juga akan menjadi kuncian bagi Prabowo untuk menggandeng parpol apa saja yang masuk dalam kabinet.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas