Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Kerukunan Umat Beragama Jadi Wadah untuk Menciptakan Persaudaraan Antarpemeluk Agama

Keragaman adalah sebuah fakta agar masing-masing pihak yang memiliki keterbatasan bisa saling mengisi, saling melengkapi

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kerukunan Umat Beragama Jadi Wadah untuk Menciptakan Persaudaraan Antarpemeluk Agama
dok pribadi
Pastor Yosafat Ivo OFMCap, Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Agung Medan 

Oleh Pastor Yosafat Ivo OFMCap, Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Agung Medan

TRIBUNNEWS.COM - Di Indonesia ada enam agama yang diakui yakni Islam, Protestan, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu.

Ini menunjukkan suatu realitas bahwa kita memang berbeda namun perbedaan  itu seyogianya bukan untuk memisahkan namun sebaliknya mempersatukan.

Kita meyakini bahwa sesungguhnya keragaman yang ada pada diri bangsa Indonesia itu adalah sesuatu yang diberikan  dan diciptakan Tuhan.

Itu adalah suatu realita yang harus disyukuri karena di dalamnya ada kekayaan. 

Keragaman tidak untuk saling memisahkan satu dengan yang lain.

Sebaliknya, keragaman adalah sebuah fakta agar masing-masing pihak yang memiliki keterbatasan bisa saling mengisi, saling melengkapi, dan saling menyempurnakan.

Baca juga:  KH Zulfa Mustofa Ungkap Pentingnya Penerapan Nilai Moderasi Beragama di Indonesia

BERITA REKOMENDASI

Pengertian Toleransi dan Payung Hukum

Salah satu muatan arti kata “Toleransi” (tolerare, Bahasa Latin) adalah membiarkan. Terminologi kata ini merujuk kepada sikap positif yakni, menerima perbedaan, menghargai dan meyakini bahwa orang lain juga mempunyai tujuan menciptakan persaudaraan dengan semangat kekeluargaan.

Toleransi sebagai kata masih bersifat umum yang aplikasinya bisa dalam ruang lingkup sosial kemasyarakatan, politik dan agama.

Toleransi beragama yang menjadi permenungan kita berarti adanya keinginan yang tulus dari setiap pemeluk agama untuk saling menerima perbedaan, menghargainya sebagai suatu realita dan menghormati tata cara penghayatan yang dimiliki oleh agama lain. 

Kebebasan untuk memeluk suatu agama dan kepercayaan dilindungi oleh Undang-undang 1945 pasal 29 dan juga Pancasila. Negara menjamin dan sekaligus melindungi serta memberi rasa aman bagi semua pemeluk agama yang telah diakui sebagai agama resmi dan sah di negara Indonesia ini. 


Pancasila khususnya sila pertama menegaskan bahwa negara kita adalah berdasarkan Ketuhanan Yang  Maha Esa.

Sila pertama ini pada prinsipnya mau menyatakan bahwa pertama, kita percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan  masing-masing.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas