Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global

Team dari International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) berkesempatan untuk mengadakan Kegiatan sosial bertemakan kebersihan

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global
ist
Program Internasional Community Plumbing Challenge Sangat Penting Bagi Kesehatan Global 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain sedang merenovasi toilet dan sarana kebersihan lainnya di SDN Cicau 02 Cikarang, pada tanggal 11 November 2017 Team dari International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) berkesempatan untuk mengadakan Kegiatan sosial bertemakan pentingnya kebersihan untuk kesehatan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Cicau meliputi kegiatan pengobatan gratis serta penyuluhan tentang pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar untuk kesehatan.

Beberapa warga yang datang merasa antusias dengan adanya kegiatan ini. Salah satunya adalah Ibu Juriah, Ketua PKK desa Cicau.

Ibu Juriah menyampaikan bahwa kegiatan Community Plumbing Challenge 2017 (CPC2017) ini dapat menambah wawasan untuk anak-anak agar tahu cara mencuci tangan yang benar serta seberapa pentingnya kebersihan.

Berbeda lagi dengan Ibu Herlina, warga Cicau yang mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan air bersih di desa Cicau.

Walaupun menggunakan PDAM, tetapi air tetap tidak terdistribusi dengan baik. Untuk mandi seringkali warga membeli air bersih, namun jika tidak ada uang, warga lebih sering mandi dan mencuci di empang.

Bahkan untuk mencuci tangan sering kali hanya menggunakan sabun seadanya. Lain lagi dengan Bapak Irin yang berprofesi sebagai seorang petani.

BERITA TERKAIT

Beliau mengutarakan keluh kesahnya tentang saluran pipa air yang belum sampai ke desanya. Beliau sangat berharap saluran pipa air bisa sampai ke desanya agar bisa lebih mudah untuk mendapatkan air bersih, karena jika kemarau datang, sumur dirumahnya menjadi kering.

Peran para dokter disini sangat penting. Dokter Aria Sarlito yang secara sukarela ikut serta dalam CPC2017 mengajarkan anak-anak tentang tahapan mencuci tangan yang benar dan menggunakan sabun agar higienis. Tangan kita menyentuh banyak benda yang mungkin saja mengandung banyak kuman.

Mencuci tangan yang benar adalah membersihkan secara keseluruhan agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Langkah-langkah mencuci tangan juga dijelaskan dengan sangat menarik dan menggunakan lagu agar anak-anak dapat mudah mengingatnya.

Beberapa anak-anak yang sempat diwawancarai adalah Ardan, Rahmat dan Fatur. Mereka merupakan siswa SDN Cicau 01. Mereka sangat antusias menghafalkan langkah-langkah mencuci tangan yang benar.

Selain itu mereka juga berharap kegiatan CPC2017 juga dapat merenovasi toilet dan sanitasi di sekolah mereka. Lain lagi dengan Alia dan Bunga yang  juga merupakan siswi kelas 6 di SDN Cicau 01.

Menurut mereka toilet di sekolahnya sangat kotor dan banyak kuman. Kesadaran para siswa untuk menjaga kebersihan toilet masih sangat kurang. Walaupun sudah diajarkan cara menggunakan toilet yg  benar oleh para guru, tetap saja kepedulian para siswa masih sangat kurang. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas