News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pabrik Sido Muncul Masih Manual, Ini Alasannya!

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pabrik Sido Muncul di Klepuh, Ungaran, Jawa Tengah saat memproduksi Tolak Angin

TRIBUNNEWS.COM SEMARANG. PT Industri Jamu dan farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) sampai Februari menyerap sebanyak 4.000 orang tenaga kerja. Jumlah tenaga kerja itu terbilang besar karena perusahaan menggunakan proses produksi dengan sistem manual.

Supartoko, publik relation pabrik SIDO mengatakan, pihaknya bukan tak bisa menggunakan teknologi canggih, namun perseroan sengaja memilih tenaga manusia agar bisa membuka lapangan kerja. "Ini juga permintaan pemerintah daerah dan masyarakat, agar Sido Muncul menyerap tenaga kerja," ujar Supartoko di Pabrik Sido Muncul Semarang, Selasa (18/2/2014).

Menurut Supartoko, penciptaan peluang kerja merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perseroan untuk memberikan sumber penghidupan bagi masyarakat di Semarang. Kendati menggunakan proses manual, namun Supartoko bilang, perseroan tetap mengutamakan efisiensi.

"Namun memang tidak seefisien dengan menggunakan mesin," ujarnya.  Ada beberapa proses efisiensi yang sudah dilakukan perusahaan, yakni dengan memberikan target kinerja kepada setiap karyawan. Jika target tercapai, maka karyawan tersebut akan diberikan insentif. "Itu caranya agar tetap efisien meski pakai proses manual," kata dia.(KONTAN/ Dina Mirayanti Hutauruk)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini