News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CJ Logistics Mulai Gunakan Palet dari Plastik Daur Ulang di Pusat Distribusi Indonesia

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penggunaan palet Zero-Carbon di warehouse CJ Logistics di Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan kargo logistik global asal Korea, CJ Logistics, mulai mengganti penggunaan palet konvensional dari bahan kayu dengan palet dari bahan plastik daur ulang di pusat logistiknya di Jakarta.

Palet dari bahan plastik daur ulang ini diklaim sebagai Palet Zero-Carbon yang lebih unggul dalam masa pakai dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan palet yang selama ini digunakan.

"Dengan memperkenalkan Palet Zero-Carbon, kami dapat secara bersamaan mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi operasional di lokasi logistik kami di Indonesia," ujar Jinmok Kim, Direktur Utama dari CJ Logistics Indonesia, Minggu (3/7/2022).

"Kami berencana untuk memperluas pengenalan palet ramah lingkungan ini di pusat-pusat logistik di Indonesia dan lebih lanjut mempraktikan model bisnis logistik ramah lingkungan." ujar seorang petinggi CJ Logistics.

Palet ramah lingkungan ini dibuat dengan menggunakan limbah plastik yang dihasilkan selama pembuatan wadah kedap udara dan tidak memiliki masalah dalam kekuatan dan performa saat diperkenalkan di lokasi logistik Korea Selatan.

Mengurangi emisi karbon sebesar 67.3 kg per palet, dengan total jumlah 26,880 untuk 400 palet yang setara dengan menanam 8,960 pohon.

Penggunaan palet dari bahan daur ulang ini untuk memperluas strategi social and governance (ESG) global dengan total 400 unit Palet Zero-Carbon yang digunakan untuk pusat logistik di Jakarta, Indonesia.

Penerapan palet ramah lingkungan ini menghasilkan penurunan emisi karbon sekaligus meningkatkan efisiensi logistik lokal karena komposisinya membuat palet lebih tahan lama dibandingkan palet kayu standar yang biasanya digunakan di Indonesia.

Palet merupakan sebuah platform datar, horizontal yang digunakan untuk menyimpan, mengangkut, dan memuat barang di lokasi logistik. Pada umumnya sebagian besar pusat logistik di Indonesia menggunakan palet kayu.

Namun palet kayu hanya bisa digunakan dalam waktu yang singkat karena tingkat suhu dan kelembaban yang tinggi. Iklim tropis menyebabkan palet cepat terdekomposisi dan juga dapat menarik hama.

Untuk pengadaan palet tipe baru ini CJ Logistics bekerja sama dengan KOTRA untuk mengirimkan Palet Zero-Carbon ke Indonesia.

Baca juga: Dukung Kelancaran Logistik, Berikut Lima Tips Bikin Kendaraan Aman

CJ Logistics menciptakan Palet Zero-Carbon dengan menggabungkan potongan plastik yang diperoleh dari klien CJ Logistics, yaitu LocknLock, sebuah perusahaan produk rumah tangga global, dengan green technology baru dari produsen palet Sangjin ARP.

LocknLock memberikan kepada CJ Logistics sebanyak 12 ton plastik sisa dari hasil produksi saat membuat produk rumah tangga, seperti wadah kedap udara, secara cuma-cuma.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini