News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menteri Perdagangan Ungkap Jurus Raih Pesanan Rp 46 Triliun di Trade Expo Indonesia 2022

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan pada acara pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 ke-37 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai City, Tangerang, Rabu (19/10/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan telah melaksanakan Pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 selama 5 hari dari 19 Oktober hingga 23 Oktober 2022. 

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, gelaran pameran dagang tersebut sukses meraup pesanan Rp 46 triliun. 

"Dalam keadaan pandemi yang belum tuntas, ekonomi dunia melambat, tapi 5 hari kita dapat pesanan Rp 46 triliun," ujarnya dalam acara Seminar Nasional Perbanas Institute dengan tema "Kebijakan Perdagangan, Stabilitas Harga, dan Kondisi Industri Perbankan", Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan: Trade Expo Indonesia 2022 Berhasil Menorehkan Transaksi Rp 45,8 Triliun 

Menurut Zulkifli Hasan keberhasilan gelaran TEI ke-37 ini tidak lepas dari kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah kabupaten. 

"Karena kerja sama, para bupati mengirimkan unggulan-unggulan hasil UMKM daerahnya untuk ikut dan membantu membayar stand-nya. Kalau tidak, mungkin UMKM sulit berangkat," kata Zulkifli. 

Kemudian para duta besar bekerja keras membawa buyer atau pembeli dari luar negeri, di mana Duta Besar RI untuk Malaysia membawa 200 lebih pembeli. 

"Banyak itu, lalu dari India membawa 180 buyer, dari Arab Saudi duta besarnya dan atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) membawa hampir juga 200 pembeli. Pendek kata, pembeli dari luar negeri datang hampir 40.000 sampai 50.000 orang ke pameran kita," tutur dia. 

Selain itu, pengusaha-pengusaha besar turut membantu menyewa dengan harga yang mahal untuk stand ukuran besar, dan juga akhirnya dana promosi dan lainnya cukup.

Baca juga: Nilai Transaksi Trade Expo Indonesia 2022 pada Hari Ketiga Capai 376 Juta Dolar AS

"Sementara, yang kecil-kecil kuliner kita kasih grati, jadi seluruh pihak membantu kerja sama itu. Marketplace dan digital platform juga membantu, sekalian bareng-bareng karena dia juga perlu promosi mendapatkan manfaat, pendek kata, seluruh pihak kerja sama akhirnya 5 hari itu sukses," pungkas Zulkifli.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini