News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eks Menko Perekonomian Kumpul Bareng Bahas Ekonomi, Pakar: Penting untuk Masa Transisi Pemerintahan

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa (27/8/2024) mengundang para menteri sebelum dirinya ke kantor Kemenko Perekonomian.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengamat kebijakan publik Universitas Padjajaran Yogi Suprayogi Sugandi mengatakan, pertemuan dan diskusi terbuka sejumlah mantan menko perekonomian menjadi inisiatif yang positif dalam proses masa transisi pemerintahan baru ke depan.

Yogi berujar, sebab masing-masing dari mantan menko perekonomian itu punya berbagai macam pengalaman, sehingga bisa saling bertukar pikiran dalam melihat kebijakan.

"Dan proyeksi ekonomi di masa pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang, bermanfaat untuk strategi keberlanjutan," ujar Yogi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (29/8/2024).

Baca juga: Bahas Masyarakat Kelas Menengah, Menko Airlangga Dialog Bersama Chairul Tanjung hingga Bakrie

Karena itu, pertemuan sejumlah mantan Menko Perekonomian yang digagas oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dinilai bisa melahirkan gagasan kebijakan-kebijakan ekonomi yang lebih berguna.

Terutama untuk diterapkan saat ini maupun pemerintahan ke depan, terutama untuk isu krusial yakni meningkatkan potensi kelas menengah yang menjadi motor utama penggerak ekonomi. Sebab, saat ini tantangan pemerintah adalah meningkatkan masyarakat kelas bawah ke menengah.

"Dan itu kan ada strateginya secara berkelanjutan, dan itu tidak hanya dilakukan di kementerian ekonomi tapi harus multisektoral," tutur Yogi.

Menurutnya, pertemuan itu harus diperluas, dialog antara menteri dan juga pengusaha serta akademisi akan strategis memunculkan berbagai masukan-masukan kebijakan dari mereka dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada dan prospek ke depan, positif untuk pemerintahan mendatang.

Khususnya dalam hal menghadapi tantangan, meningkatkan potensi ekonomi, dan penguatan kelas menengah RI dibutuhkan koordinasi, berbagi masukan, pengalaman, bahkan kritik secara objektif.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengumpulkan sejumlah mantan Menko Perekonomian serta pejabat lain membahas prospek ekonomi dan memperkuat potensi kelas menengah Indonesia.

Tampak lima mantan menko yang hadir seperti Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Menko periode 2021-2004; Aburizal Bakrie periode 2004-2005; Sri Mulyani, Plt menko periode Mei-Agustus 2008; Chairul Tanjung periode Mei-Oktober 2014; dan Darmin Nasution periode 2014-2019.

Tampak hadir pula plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti, Direktur Utama Badan Urusan Logistik Bayu Krisnamurti dan Ketua Umum Apindo, Shinta Kamdani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini