News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menelusuri Asal Usul Ninja dengan Teori China dan Teori Jepang Kuno

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kontrak Ninja yang terungkap pertama kali dibuka oleh peneliti Associate Profesor dari Universitas Mie, Yoshiki Takao, 27 November 2018.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ada dua teori tentang sejarah Ninja, baik teori China maupun teori Jepang kuno.

Belum lagi nama Ninja itu sendiri banyak sekali penyebutannya di masa lalu, selain Shinobi, juga disebut Rappa, Suppa, Kusa, Dakkou, Kamari dan sebagainya.

Barulah seusai Perang Dunia II, tepatnya tahun 1955 dengan pemuatan kata Ninja di novel-novel Jepang, nama Ninja semakin populer hingga kini.

"Ada dua teori yaitu teori China dan teori Jepang kuno sendiri yang menuju kepada awal mula Ninja," papar ninja terakhir Jepang, Jinichi Kawakami khusus kepada Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Apabila melihat cara kerja Ninja sebagai mata-mata, maka sudah dimulai sekitar 4300 tahun tahun atau sekitar tahun 2300 sebelum Masehi.

Melihat teori China, sebuah teori yang datang dari benua China, dengan deskripsi tentang mata-mata yang mengumpulkan informasi dari tanah musuh yang disebut "Kan" dalam buku hukum militer Sunzi atau Sun Tzu pada tahun 544 sebelum Masehi.

Para ninja sedang bertanding di Perfektur Mie Jepang. (Istimewa)

Sun Tzu adalah seorang jenderal China, ahli strategi militer, penulis, dan filsuf yang tinggal di zaman kuno Zhou Timur China.

Sun Tzu secara tradisional dianggap sebagai penulis The Art of War, sebuah karya strategi militer yang berpengaruh yang telah mempengaruhi filosofi dan pemikiran militer Asia Barat dan Timur.

Dari buku Sun Tzu tersebut tertulis pola atau cara gerakan mata-mata yang dilakukan orang yang mirip dengan yang dilakukan Ninja, sehingga dianggap sudah ada Ninja jauh sebelum tahun Masehi di China.

Sementara teori Jepang kuno mengarah kepada Pangeran Shotoku yang memberi nama "Shinobi" kepada Otomi Minoru yang berperan aktif dalam pemberontakan Dingi yang bertarung dengan Monobe, dan melakukan berbagai penyelidikan.

Baca: Penyamaran Ninja Jepang, Sebagai Biksu Harus Memiliki Wewangian

Baca: Komusou, Salah Satu dari 7 Penyamaran Ninja Jepang

Dan dalam teori Jepang kuno ini menggunakan ninjutsu untuk mengalahkan para bandit (orang jahat atau target).

Menggabungkan dua teori ini, muncullah orang yang bertindak seperti mata-mata di benua China dan diperkenalkan ke Jepang, yang kemudian berubah secara unik di Jepang untuk memunculkan nama Ninja.

Catatan Pangeran Shotoku (574-622) juga menggunakan kata Shinobi terutama saat kekuatan Okume no Mikoto melakukan operasi pembentukan negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini