News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Israel Serang Jalur Gaza

Irlandia, Negara Uni Eropa Pertama yang Mengecam 'Aneksasi de Facto' Israel di Palestina

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pasukan keamanan Israel mendorong pengunjuk rasa Palestina keluar Gerbang Damaskus di Kota Tua Yerusalem pada 25 April 2021. Polisi hari ini mengizinkan warga Palestina untuk menghapus barikade yang memblokir akses ke kawasan pejalan kaki di sekitar Kota Tua Yerusalem yang dicaplok Israel, tampaknya meredakan ketegangan setelah berhari-hari bentrokan, sebuah Kata reporter AFP. Ada gangguan malam sejak dimulainya bulan suci Ramadhan pada 13 April, di tengah kemarahan Palestina atas polisi yang memblokir akses ke kawasan pejalan kaki di sekitar tembok Kota Tua dan larangan pertemuan.

TRIBUNNEWS.COM - Parlemen Irlandia mengeluarkan mosi parlementer yang mengutuk 'aneksasi de facto' oleh pemerintah Israel atas Palestina.

Mosi itu diajukan partai oposisi, Sinn Fein dan disahkan pada Rabu (26/5/2021) setelah mendapat dukungan dari banyak partai.

Dengan ini, Irlandia menjadi negara Uni Eropa pertama yang menggunakan frasa 'aneksasi de facto' sehubungan dengan tindakan Israel di Palestina.

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan, mosi ini adalah sinyal jelas dari perasaan seluruh bangsa Irlandia, Selasa (25/5/2021).

"Skala, kecepatan, dan sifat strategis dari tindakan Israel pada perluasan pemukiman dan maksud di baliknya telah membawa kami ke titik di mana kami harus jujur ​​tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan," kata Coveney, dikutip dari Al Jazeera

"Ini adalah aneksasi de facto," kaata politisi partai kanan-tengah, Fine Gael ini di depan parlemen.

Pengunjuk rasa Palestina berlindung dari pasukan keamanan Israel di tengah bentrokan di dekat pemukiman Beit El dan Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, pada 18 Mei 2021. (ABBAS MOMANI / AFP)

Baca juga: Respon Guru yang Sebar Hoaks Konflik Palestina-Israel, Wagub DKI: Guru Tugasnya Mendidik

Baca juga: Jawab Menlu AS, Pemimpin Hamas Janji Tak Akan Sentuh Bantuan Rekonstruksi Gaza

Coveney mengatakan, mosi ini adalah langkah yang tidak mudah bagi Irlandia.

"Ini bukanlah sesuatu yang saya, atau dalam pandangan saya, (parlemen) ini, katakan dengan enteng. Kami adalah negara Uni Eropa pertama yang melakukannya."

"Tapi itu mencerminkan keprihatinan besar yang kami miliki tentang maksud dari tindakan tersebut dan tentu saja, dampaknya," katanya.

Coveney sebelumnya sempat mengecam serangan roket Hamas kepada Israel sebelum memberi dukungan kepada mosi ini.

"Tindakan teror oleh Hamas dan kelompok militan lainnya seharusnya tidak pernah dibenarkan," kata Coveney.

Mosi dari parlemen Irlandia ini muncul beberapa hari setelah gencatan senjata antara Israel dengan kelompok bersenjata Palestina.

Penyerangan udara yang dilakukan Israel ke Jalur Gaza sempat memicu protes pro-Palestina di Dublin.

Adapun mosi ini disambut baik sejumlah pengguna media sosial.

Seorang pekerja kota Palestina membuang sampah melewati pasukan keamanan Israel selama bentrokan dengan pemuda Palestina di pusat kota kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki pada 25 April 2021, menyusul protes untuk mendukung demonstrasi Palestina di Yerusalem timur yang dicaplok Israel.(HAZEM BADER / AFP)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini