News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Resiko Efek Samping Vaksinasi Kecil Pada Anak-anak di Jepang

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tingkat efek samping vaksinasi pada anak-anak yang kecil dibandingkan vaksinasi kepada orang dewasa mencapai 78 kali lipat

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Banyak orang tua mungkin bingung dengan keputusan untuk menyuntik vaksin corona baru kepada anak di bawah usia 12 tahun.

Namun ternyata efek samping vaksinasi kecil terhadap anak-anak ketimbang orang dewasa.

Mulai pada awal Februari 2022 anak-anak usia 5 hingga 11 tahun sudah mulai di vaksinasi di Jepang meskipun diketahui bahwa anak-anak cenderung tidak sakit parah.

Melihat data yang menunjukkan risiko kejengkelan orang yang belum divaksinasi berdasarkan kelompok usia 30-an, tingkat kejengkelan (efek samping) adalah 25 kali untuk mereka yang berusia 60-an dan 47 kali untuk mereka yang berusia 70-an, semakin tinggi.

Di sisi lain, 0,2 kali lebih rendah untuk remaja dan 0,5 kali lebih rendah untuk mereka yang berusia di bawah 10 tahun," ungkap Profesor Satoshi Kutsuna dari Universitas Osaka, yang berspesialisasi dalam pengendalian infeksi kemarin malam (24/11/2021).

"Bagi anak, merupakan keuntungan untuk dapat mengurangi risiko agar tidak  menjadi parah. Anak-anak cenderung tidak menjadi parah daripada orang dewasa, tetapi mereka bukannya tanpa risiko. Misal ada yang terinfeksi dan pergi ke sekolah.  Kita mungkin dapat menghindari dengan istirahat. Ini juga melindungi keluarga Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Penelitian Pfizer menunjukkan bahwa 90,7% orang dapat dicegah terinfeksi corona. Berarti ada resiko sepersepuluh dari infeksi, yang membuatnya lebih kecil kemungkinannya bahwa infectant akan menjadi sumber infeksi, mengurangi kemungkinan menginfeksi orang lain."

Melihat hasil survei Pfizer dari 5 hingga 11 tahun, "malaise 39%", "sakit kepala 28%", "demam 7%", dan orang dewasa dari 16 hingga 55 tahun "malaise 59%" "sakit kepala" Ini adalah 52% dan demam 16%.

Lalu mengapa reaksi samping anak-anak lebih kecil daripada orang dewasa?

"Ketika  terkena jenis vaksin messenger RNA yang sama, ada kecenderungan bagi kaum muda untuk memiliki lebih banyak reaksi samping. Untuk usia 5 hingga 11 tahun, dosis vaksin adalah sepertiga dari dosis orang dewasa.  Studi yang mengatur jumlah. Diperkirakan frekuensi reaksi sampingnya juga kecil. "

Berapa lama kekebalan bertahan untuk anak-anak?

"Kami belum mendapatkan data berapa lama kekebalan akan bertahan setelah vaksinasi pada usia 5 hingga 11 tahun. Apakah anak membutuhkan booster setelah 8 bulan seperti orang dewasa? Anak-anak diimunisasi sedikit lebih lama.  Saya masih tidak yakin apakah ini akan berlanjut. Saya pikir kami akan mempertimbangkannya sambil melihat hasil dan data di masa mendatang."

Acuan/standar apa bagi orangtua saat mengambil keputusan?

"Untuk reaksi samping yang sangat jarang seperti miokarditis, masih ada poin yang belum jelas karena penelitian ini sekitar 2000 orang. Mulai sekarang, inokulasi akan dimulai di luar negeri, dan data seperti itu akan keluar. Saya pikir, berdasarkan itu   saya ingin Anda mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari inokulasi dan memutuskan apakah akan menginokulasi secara komprehensif.

Apakah realistis untuk memulai vaksinasi untuk anak berusia 5 hingga 11 tahun di Jepang mulai sekitar bulan Februari?

"Dalam kasus anak-anak, saya pikir ada lebih banyak orang yang khawatir tentang apakah akan menyuntik atau tidak dibandingkan dengan orang dewasa. Dalam arti bahwa ada waktu untuk memutuskan apakah akan menyuntik, kami akan mempertimbangkan dengan cermat sambil menunggu untuk data dari luar negeri. Saya rasa kita bisa melakukannya.”

Profesor Kutsuna adalah dokter dan ilmuwan medis Jepang. Gelar Doktor Kedokteran (Yamaguchi University, 2010). Profesor, Departemen Pengobatan Pengendalian Infeksi, Sekolah Pascasarjana Kedokteran, Universitas Osaka  dan Profesor, Departemen Pengendalian Infeksi, Rumah Sakit Universitas Osaka. Spesialisasi dalam penyakit menular.

Diskusi mengenai vaksin di Jepang dapat diikuti melalui email: info@tribun.in bersama para pecinta Jepang lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini