News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Fakta Hari Keenam Invasi Rusia ke Ukraina: Serangan Rudal Hingga Sikap Mahkamah Pidana Internasional

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ledakan sangat besar di Kota Kyiv oleh serangan udara militer Rusia dalam skala masif Senin malam (28/2/2022) WIB.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, KYIV - Sejumlah fakta berhasil dirangkum pada hari keenam invasi Rusia ke Ukraina, Selasa (1/3/2022).

Dilansir dari Guardian, setidaknya ada 16 hal yang terjadi hari ini atau Senin (28/2/2022) waktu setempat terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi:

  • Lebih dari 70 tentara Ukraina tewas setelah rudal Rusia menghantam sebuah pangkalan militer di Okhtyrka, sebuah kota antara Kharkiv dan Kyiv. Data tersebut berdasarkan telegram yang ditulis kepala wilayah tersebut.

  • Pasukan Rusia telah meluncurkan serangan roket yang menewaskan puluhan warga sipil di kota kedua Ukraina, Kharkiv, dan memulai serangan baru di ibukota Kyiv.

  • Setidaknya sembilan orang tewas, termasuk tiga anak-anak, dan 37 lainnya terluka dalam satu hari setelah penembakan di Kharkiv, kata walikota kota itu.

  • Kota Kherson di Ukraina selatan dikelilingi oleh tentara Rusia berdasarkan laporan seorang jurnalis Ukraina, Alyona Panina, dan walikota kota.

    Baca juga: Pasukan Rusia Mengepung Kherson dan Mendirikan Pos Pemeriksaan di Pintu Keluar
  • Jaksa pengadilan kriminal internasional di Mahmamah Pidana Internasional (ICC) telah mengumumkan akan melakukan penyelidikan atas kemungkinan kejahatan perang atau kejahatan terhadap kemanusiaan di Ukraina.

  • Gambar satelit yang diambil pada hari Senin menunjukkan konvoi militer Rusia di barat laut Kyiv yang membentang sekitar 40 mil (64 km).

  • Rusia menggunakan bom vakum pada hari Senin dalam invasinya ke Ukraina, menurut Oksana Markarova, duta besar Ukraina untuk AS.

    Baca juga: Lebih dari 70 Tentara Ukraina Tewas dalam Serangan Rusia di Pangkalan Militer Dekat Kharkiv

    Amerika Serikat telah menjanjikan lebih banyak sanksi terhadap Rusia dan lebih banyak senjata untuk militer Ukraina, menurut menteri luar negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

  • Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) telah melaporkan setidaknya 406 korban sipil, termasuk setidaknya 102 orang tewas.
  • Kanada akan memasok amunisi dan senjata anti-tank yang ditingkatkan ke Ukraina, kata Perdana Menteri Justin Trudeau.

  • Presiden Ukraina telah menyerukan zona larangan terbang untuk rudal, pesawat, dan helikopter Rusia setelah serangan terhadap Kharkiv.

    Baca juga: Perang Rusia Vs Ukraina, Apa Tujuan Akhir Vladimir Putin?

    Volodymyr Zelenskiy juga menandatangani permintaan resmi agar Ukraina bergabung dengan Uni Eropa. Seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan para pemimpin dapat membahas kemungkinan keanggotaan Ukraina pada pertemuan puncak informal pada bulan Maret.

  • Ukraina telah membuka perbatasannya bagi orang asing yang bersedia berperang. Presiden Ukraina telah mengeluarkan dekrit untuk sementara mencabut persyaratan visa masuk.

  • FIFA dan UEFA telah menangguhkan tim nasional dan klub Rusia dari semua kompetisi internasional sampai pemberitahuan lebih lanjut.

  • AS akan mengusir 12 anggota misi PBB asal Rusia, menuduh mereka telah menyalahgunakan hak istimewa mereka dengan terlibat dalam spionase yang berbahaya bagi keamanan nasional.

  • Pembicaraan tingkat tinggi antara Ukraina dan Rusia yang berlangsung di perbatasan dengan Belarus pada Senin pagi berakhir tanpa terobosan. Kedua belah pihak sepakat untuk menjaga negosiasi tetap berjalan dan putaran kedua pembicaraan dapat berlangsung dalam beberapa hari mendatang. (Guardian)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini