News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia dan Ukraina Sepakat Evakuasi Warga Mariupol dan Volnovakha saat Gencatan Senjata

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat! ujar Zelensky dalam jumpa pers. Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya, katanya. Percayalah pada saya, tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY

TRIBUNNEWS.COM - Genjata senjata hari ini membuka jalan bagi jutaan orang yang telah menderita berhari-hari di kota Mariupol dan Volnovakha untuk mengungsi.

Dewan kota Mariupol, mendesak pengemudi untuk mengisi kendaraan sebanyak mungkin dengan pengungsi selama gencatan senjata, seperti dilaporkan oleh The Washington Post.

Rusia mengumumkan gencatan senjata sementara pada hari Sabtu (5/3/2022) untuk mengevakuasi warga dari kota Ukraina Mariupol dan Volnovakha, menurut keterangan kementerian pertahanan Rusia.

Sementara itu, Rusia dan Ukraina sedang bersiap untuk menghadapi inflasi yang melonjak, kesulitan ekonomi, dan tekanan yang lebih tajam pada barang-barang impor akibat konflik ini.

Baca juga: Sepekan Lebih Konflik Rusia dan Ukraina Terjadi, Apa Dampaknya Bagi Ekonomi Nasional Indonesia?

Presiden Zelensky Meminta AS Tingkatkan Bantuan Militer

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. "Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat!" ujar Zelensky dalam jumpa pers. "Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya," katanya. "Percayalah pada saya," tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengecam Barat karena menolak menerapkan zona larangan terbang di atas Ukriana, yang akan mencegah pemboman Rusia di negaranya dan wilayah sipil.

Zelensky meminta pihak Barat meningkatkan bantuan militer di Ukraina.

Rusia dan Ukraina sepakat pada Sabtu (5/3/2022), untuk membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dari kota-kota Mariupol dan Volnovakha di Ukraina timur yang terkepung.

Gencatan senjata itu digunakan oleh Ukraina untuk memasok kedua kota itu dengan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya, dikutip dari Wall Street Journal.

Hal ini adalah hasil nyata pertama dari pembicaraan antara perwakilan Rusia dan Ukraina di Belarus.

Pembicaraan itu dilanjutkan pada Sabtu (5/3/2022) ini sebagai putaran ketiga negosiasi sejak Moskow menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Mariupol adalah kota industri besar dan pelabuhan di laut Azov, rumah bagi sekitar 400.000 orang.

Volnovakha adalah kota yang jauh lebih kecil di utara.

Keduanya adalah wilayah Donetsk Ukraina, yang tidak lagi diakui Rusia sebagai bagian dari Ukraina setelah mengakui kemerdekaan yang disebut republik rakyat Donetsk, sebuah negara bagian yang dibuat Moskow di sepertiga wilayah itu pada tahun 2014.

Baca juga: Hari ke-10 Invasi, Pasukan Rusia Berhenti Menembak agar Warga Ukraina Bisa Mengungsi

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini