News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Moskow Tantang Lawan Pasokan Senjata Jarak Jauh Barat Dengan Pendudukan Ukraina Lebih ke Dalam

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. - Beberapa ledakan di distrik kota Darnytsky dan Dniprovsky. Layanan padam, kata Walikota Kyiv di Telegram. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP)

TRIBUNNEWS.COM – Rencana negara-negara Barat memasok senjata jarak jauh semakin menantang Rusia untuk terus merangsek ke dalam wilayah Ukraina.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengancam pendudukan pasukan Vladimir Putin bakalan menjauh dari garis ancaman dari wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada konferensi pers online tentang masalah internasional pada hari Senin.

"Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengomentari situasi yang akan muncul dengan kedatangan persenjataan baru dan saya hanya dapat menambahkan bahwa semakin jauh jangkauan persenjataan yang akan Anda suplai, semakin jauh kita akan bergerak dari wilayah kita, melampaui garis yang Neo-Nazi dapat mengancam Federasi Rusia," kata Lavrov dikutip dari TASS pada konferensi pers online tentang masalah internasional pada hari Senin.

Baca juga: Ilmuwan Rusia Sebut Vladimir Putin Tak Akan Sungkan Gunakan Nuklir yang Bisa Memicu Perang Dunia III

Lavrov pun menyebut, adalah salah untuk membuat situasi bermuara pada formula: "seandainya tidak ada operasi khusus, tidak akan ada pasokan senjata," yang merupakan penyederhanaan, menteri luar negeri Rusia menekankan.

"Intinya adalah bahwa kami telah memperingatkan Inggris Raya, Amerika Serikat, dan anggota NATO lainnya selama 20 tahun: 'Teman-teman yang terkasih, Anda menandatangani komitmen pada tahun 1999 bahwa tidak ada negara yang akan memperkuat keamanannya dengan mengorbankan keamanan negara lain dan seterusnya. Mengapa Anda tidak bisa melakukan itu? Mengapa itu ternyata bohong? Dan sebaliknya, Anda berkata: 'menjauh dari kami, kami mengakui siapa yang kami inginkan.' Dan Anda telah berkembang lima kali lebih dekat ke perbatasan kami, "kata diplomat kawakan tersebut.

Pemerintah AS mengumumkan pada 1 Juni bahwa mereka akan memberikan paket bantuan militer baru ke Ukraina yang akan mencakup pengiriman senjata dan amunisi HIMARS (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi). Dikatakan bahwa batch pertama akan mencakup empat sistem roket.

Baca juga: Ditangkal Negara Tetangga, Menlu Rusia Sergey Lavrov Gagal Terbang ke Serbia

Para pejabat AS sebelumnya mengatakan bahwa jangkauan serangan peluncur roket ringan beroda HIMARS tidak akan melebihi 80 km. Seperti yang ditekankan oleh pemerintah AS, Kiev memberikan jaminan bahwa sistem roket AS tidak akan digunakan untuk menyerang sasaran di wilayah Rusia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada 2 Juni bahwa jaminan Kiev bahwa pihaknya tidak akan menggunakan roket AS terhadap sasaran di wilayah Rusia tidak berharga dan tidak dapat dipercaya.

Inggris juga mengumumkan niatnya untuk memasok sistem roket serupa M270 dengan jangkauan serangan 70 km ke Ukraina. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa langkah itu telah dikoordinasikan dengan Amerika Serikat.

Pertempuran Hebat di Sivierodonetsk

Sementara itu pasukan Ukraina terlibat dalam pertempuran jalanan yang sengit dengan tentara Rusia di kota industri Sievierodonetsk, kata Presiden Volodymyr Zelenskiy, dalam pertempuran penting dalam upaya Kremlin untuk menguasai wilayah Donbas timur.

Sievierodonetsk telah menjadi target utama serangan Rusia di Donbas, yang terdiri dari provinsi Luhansk dan Donetsk, saat invasi berlanjut dalam perang gesekan yang telah melihat kota-kota dihancurkan oleh rentetan artileri.

Baca juga: Peringatan Putin Jika AS Pasok Rudal Jarak Jauh ke Ukraina, akan Serang Target Baru

"Di kota, pertempuran jalanan yang sengit terus berlanjut," kata presiden Ukraina dalam pidato video malamnya pada hari Senin.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini