News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kematian Penyanyi Rock di Penjara Jepang Diganti Rugi Pemerintah 43 Juta Yen

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengadilan distrik (negeri) di Kasumigaseki Tokyo Jepang

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Kematian penyanyi rock di penjara Jepang beberapa tahun lalu, kemarin (7/2/2023) diputuskan pengadilan Jepang agar pemerintah mengganti rugi 43 juta yen, penyelesaian kompensasi hampir sesuai yang diinginkan pihak penuntut.

"Penyebabnya adalah penjara tidak memberikan perawatan medis yang sesuai. Itu sebabnya kita menuntut pemerintah," ungkap keluarga  yang berduka mengajukan gugatan di Pengadilan Distrik Tokyo.

Enam tahun lalu, seorang pria yang merupakan vokalis band rock meninggal saat menjalani hukumannya dan meninggal.

Penjara tidak memberinya perawatan medis yang layak, dan keluarga yang berduka meminta ganti rugi lebih dari 43 juta yen dari pemerintah, dan penyelesaian dicapai  dengan nilai 43 juta yen di mana pemerintah membayar hampir mencapai jumlah kompensasi  yang diinginkan penuntut.

Koh Ito, 62, yang merupakan vokalis band rock THE FOOLS, meninggal dua hari kemudian setelah dipenjara pada tahun 2017 setelah mengeluh kesehatan yang buruk saat menjalani hukuman di penjara di Kota Tsukigata, Hokkaido.

Dia ditangkap karena melanggar Undang-Undang Kontrol Stimulan dan kejahatan lainnya.

Di persidangan, pemerintah berpendapat bahwa tidak ada masalah dengan tanggapan, tetapi menurut pengacara untuk keluarga yang berduka, pengadilan mendesak penyelesaian dengan alasan bahwa pemerintah bersalah, dan penyelesaian dicapai pada tanggal 7 Februari dengan pemerintah membayar kompensasi sebesar 43  juta yen, yang hampir sama dengan yang diminta.

Dalam gugatan ini, penyelesaian dicapai tahun lalu dengan pihak pemda kota yang mengoperasikan rumah sakit kota tempat konsultasi pertama dilakukan, dengan pemda kota membayar 500.000 yen.

Penggugat sang istri, Masuko Ito, mengatakan, "Saya pikir isi penyelesaiannya bagus, tetapi suami saya akan segera dibebaskan dari penjara, jadi sebenarnya sangat memilukan untuk memikirkan perasaannya."

Akihiro Shima, seorang pengacara di pihak keluarga yang berduka, mengatakan, "Kami hanya dapat berasumsi bahwa pemerintah mengakui kelalaian total dalam penyelesaian untuk membayar jumlah penuh, dan berbagai masalah telah ditunjukkan mengenai tanggapan di penjara dan fasilitas imigrasi, dan saya ingin banyak orang tahu bahwa kasus ini adalah salah satunya."

Mengenai kesimpulan penyelesaian, Kementerian Kehakiman Jepang berkomentar, "Kami akan terus mengambil semua langkah yang mungkin untuk mengelola kesehatan para tahanan dan berusaha untuk memberikan perawatan medis yang tepat."

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@jepang.com  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini