News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Miss Jepang Dengan Ayah Indonesia Akhirnya Menemukan Ibunya Setelah Mencari 10 Tahun

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Chimomo Ito yang akan berusia 73 tahun tanggal 24 April 2023 dan ayahnya warga  Indonesia kelahiran Madura, Almarhum Alvin (insert).

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Miss Jepang ke-5 tahun 1972, Chimomo Ito (72) dengan ayah kelahiran Madura Indonesia (almarhum Alvin)  akhirnya berhasil menemukan ibunya warga Jepang di Australia setelah 10 tahun mencarinya.

"Berkat bantuan petugas kedutaan Jepang yang ada di Australia saat itu akhirnya saya menemukan ibu kandung saya di Australia menikah dengan orang Jepang juga dan berdomisili di Australia saat itu," papar Ito khusus kepada Tribunnews.com sore ini (30/3/2023).

Privasi yang dijaga ketat orang Jepang diantisipasi dengan menyatakan sebagai teman dari petugas kedutaan Jepang itu, sehingga akhirnya menghasilkan kebahagiaan pertemuan ibu dan anak kandung pada akhirnya.

"Syukurlah petugas kedutaan itu baik sekali dan dia bilang tolong katakan sebagai teman ya kalau ada yang tanya. Akhirnya saya bisa kontak ibu kandung saya dan bertemu dengannya di Tokyo Jepang pada akhirnya."

Kehidupan Ito sangatlah menarik, "Setelah berusia 2 tahun saya dipisahkan dengan ayah saya di Indonesia dan bersama ibu kandung balik ke Jepang. Lalu dititipkan ke temannya yang pramugari. Lalu pramugari itu menitipkan saya yang masih bayi kecil ke ibu angkat saya dan ayah angkat saya sebagai arkeolog, membesarkan saya sampai mereka akhirnya meninggal dunia."

Pada usia 15 tahun Ito pindah ke rumah orangtua angkatnya di kota Hayama prefektur Kanagawa hingga kini.

Terhadap ayah kandungnya, Ito juga mencari tahu keberadaannya karena saat meninggalkan ayah kandungnya masih belum tahu terlalu kecil saat usia 2 tahun.

Namun akhirnya berhasil menemukan berkat pertemuannya dengan kakak ayahnya bernama Satria Wira yang dulu berdomisili di Menteng dan kini di Lebak Bulus Jakarta.

"Saya sempat nyekar ke makam ayah saya di Madura berkat bantuan saudara-saudaranya, Syukurlah semua sangat baik sekali hingga kini dan masih selalu komunikasi dengan mereka," tambahnya lagi.

Sekitar 5 kali pergi pulang ke Indonesia, Ito menyatakan dirinya sangat dekat sangat cinta sekali dengan Indonesia dan akan berusaha menjadi jembatan antara Jepang Indonesia sekarang sampai masa mendatang.

Tahun 1969 Ito pernah menjadi bintang film di Jepang sekali pertama kali sekaligus terakhir.

"Saya tidak suka menjadi artis bintang film. Namun tahun 1972 berkat dorongan ibu angkat saya malahan berhasil jadi Miss Japan ke-5 saat itu kaget juga padahal tinggi saya hanya 159. Sedangkan calon lain model dan artis tinggi-tinggi semua," ungkapnya lagi.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini