News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hubungan AS-Iran Memanas, AS Kirim Kapal Selam Pembawa Rudal ke Timur Tengah

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kapal selam. - Kapal selam AS, USS Key West (SSN 722) meninggalkan Pangkalan Angkatan Laut Guam untuk terakhir kalinya. Key West menuju ke Kitsap, Washington untuk persiapan penonaktifan. Foto ini diunggah pada 3 Maret 2023. -- AS mengirim kapal selamnya menuju Timur Tengah setelah hubungannya dengan Iran memanas.

TRIBUNNEWS.COM - Angkatan Laut AS mengerahkan kapal selam rudal berpemandu yang mampu membawa hingga 154 rudal Tomahawk ke Timur Tengah.

Hal ini menjadi unjuk kekuatan terhadap Iran menyusul ketegangan baru-baru ini.

Sebelumnya, Angkatan Laut AS jarang mengakui lokasi atau penyebaran kapal selam.

Cmdr. Timothy Hawkins, juru bicara Armada ke-5 yang berbasis di negara Teluk Bahrain, menolak mengomentari misi kapal selam atau apa yang mendorong pengerahan tersebut.

Dia mengatakan kapal selam bertenaga nuklir, yang berbasis di Kings Bay, Georgia, melewati Terusan Suez pada hari Jumat (7/4/2023).

“Kapal selam itu mampu membawa hingga 154 rudal jelajah serangan darat Tomahawk dan dikerahkan ke Armada ke-5 AS untuk membantu memastikan keamanan dan stabilitas maritim regional,” kata Timothy Hawkins.

Baca juga: 4 Orang Tewas dan 23 Hilang setelah Kapal Imigran Tunisia Tenggelam di Laut Mediterania

Armada ke-5 berpatroli di Selat Hormuz yang penting, muara sempit Teluk Persia yang dilalui 20 persen dari semua transit minyak.

Wilayahnya meliputi Selat Bab el-Mandeb di lepas pantai Yaman dan Laut Merah yang membentang hingga Terusan Suez, jalur air Mesir yang menghubungkan Timur Tengah dengan Laut Mediterania.

Rudal jelajah Tomahawk yang diluncurkan dari kapal atau kapal selam dapat mencapai target hingga 2.500 kilometer (1.500 mil jauhnya).

Rudal ini digunakan selama invasi pimpinan AS ke Irak tahun 2003 dan sebagai tanggapan atas serangan senjata kimia Suriah pada tahun 2018.

Angkatan Laut AS, USS Porter (DDG 78) dan Angkatan Laut Swedia HSwMS Stockholm (P11) melakukan latihan maritim bersama di Laut Baltik pada 15 Maret 2023. (U.S Navy)

Baca juga: AS Dukung Pemerintah Israel: Sebut Serangan di Tel Aviv yang Tewaskan Warga Sipil Tak Masuk Akal

Ketegangan Hubungan AS dan Iran

Sebelumnya, AS, Inggris, dan Israel menuduh Iran menargetkan kapal tanker minyak dan kapal komersial dalam beberapa tahun terakhir.

Tuduhan ini dibantah oleh Iran, seperti diberitakan The Times of Israel.

Angkatan Laut AS juga telah melaporkan serangkaian pertemuan tegang di laut dengan pasukan Iran yang dikatakan agresif secara sembrono.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini