News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia: Ukraina Pakai 2 Rudal Storm Shadow dari Inggris untuk Serang Lugansk Hari Ini

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: bunga pradipta p
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cuplikan video yang dibagikan oleh RIA Novosti, memperlihatkan sebuah Barber Shop di Lugansk yang hancur setelah terkena serangan rudal jelajah Storm Shadow oleh Ukraina pada Senin (15/5/2023) pagi waktu setempat. Storm Shadow merupakan rudal jelajah yang dipasok oleh Inggris.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Rusia di Lugansk mengatakan Ukraina menggunakan dua rudal Storm Shadow dari Inggris untuk menyerang wilayah sipil.

Rusia melaporkan serangan itu terjadi pada hari ini, Senin (15/5/2023) pagi.

Serangan ini dilaporkan pertama kali oleh kantor perwakilan Republik Rakyat Lugansk (LPR) di Pusat Gabungan untuk Kontrol dan Koordinasi terkait masalah kejahatan perang Ukraina (JCCC).

"Pada 15 Mei 2023, formasi bersenjata Ukraina melancarkan serangan rudal ke kota Lugansk (LPR) menggunakan dua rudal jelajah Storm Shadow."

"Sebagai akibat dari penembakan, kaca tujuh bangunan tempat tinggal multi-apartemen, sebuah gedung kantor dan dua mobil rusak," tulis kantor perwakilan LPR di Telegram, Senin (15/5/2023), dikutip dari RIA Novosti.

Lokasi ledakan itu berada dekat dengan kantor perwakilan Republik Rakyat Lugansk (LPR).

Baca juga: Zelensky Temui Rishi Sunak, Inggris Janjikan Ratusan Drone Jarak Jauh ke Ukraina

"Di Lugansk, di Jalan Demekhina, sedekat mungkin dengan perusahaan televisi dan radio negara LPR, sebuah ledakan terjadi," tulis kantor perwakilan Republik Rakyat Lugansk (LPR).

Tempat darurat telah ditutup dan layanan darurat sedang bekerja, setelah terjadi ledakan.

Serangan hari ini melukai empat orang.

Seorang sumber penegak hukum setempat yang dikutip oleh RIA Novosti mengklaim, satu dari empat korban terluka adalah penjabat menteri dalam negeri Republik Rakyat Lugansk, Igor Kornet.

Asap hitam dan kotoran membubung dari kota terdekat Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di wilayah Ukraina timur Donbas pada 9 Juni 2022. Pasukan Rusia selama berminggu-minggu memusatkan senjata mereka di Severodonetsk dan kota saudaranya Lysychansk di seberang sungai. Seorang gubernur Lugansk yang menantang menyatakan bahwa pasukan Ukraina dapat merebut kembali Severodonetsk "dalam dua hingga tiga hari" jika mereka menerima artileri jarak jauh yang dijanjikan oleh AS dan Inggris. (ARIS MESSINIS / AFP)

Baca juga: Prancis Janjikan Lebih Banyak Tank Ringan, Kendaraan Lapis Baja dan Pelatihan untuk Tentara Ukraina

Serangan Ukraina di Lugansk

Sebelumnya, Rusia juga menuduh Ukraina meluncurkan serangan dengan dua rudal jelajah Storm Shadow ke Lugansk pada 12 Mei 2023.

Enam anak terluka akibat serangan itu.

Andrey Marochko, pensiunan letnan kolonel di Milisi Rakyat LPR, mengatakan kepada TASS, angkatan bersenjata Ukraina kembali menembaki Lugansk menggunakan rudal jelajah Storm Shadow.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini