News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Polandia Anggap Ukraina Tidak Tahu Diri: Setop Guyur Bantuan Senjata Gara-gara Banjir Gandum Murah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

(FILES) Sebuah foto menunjukkan pengisian palka di kapal sewaan PBB MV Valsamitis saat dimuat untuk mengirimkan 25.000 ton gandum Ukraina ke Kenya dan 5.000 ton ke Ethiopia, di pelabuhan Chornomorsk, sebelah timur Odessa di Jalur Hitam Pantai laut, pada 18 Februari 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Uni Afrika menyatakan penyesalan pada 18 Juli 2023 atas keputusan Rusia untuk menangguhkan kesepakatan yang memungkinkan perjalanan yang aman bagi kapal kargo biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina.

Polandia Anggap Ukraina Tidak Tahu Diri: Setop Guyur Bantuan Senjata Gara-gara Gandum Murah

TRIBUNNEWS.COM - Polandia tidak akan lagi memberikan bantuan persenjataan kepada pasukan Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Pernyataan itu diungkapkan Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, Rabu (20/9/2023).

Keputusan Polandia tersebut menyusul pertikaian diplomatik mengenai impor gandum Ukraina, yang dilarang di Polandia setelah membanjiri pasar lokal dan merusak tatanan pasar dalam negeri.

Baca juga: Belum Jadi Anggota, Ukraina Sudah Dapat Musuh dari Anggota NATO, Polandia Gerah Gandum Murah

Pengumuman penghentian bantuan senjata ke Ukraina itu beriring pengumuman kalau Warsawa akan mengalihkan fokus pada keamanannya sendiri.

Morawiecki mengatakan kepada wartawan, pemerintah Polandia akan menghentikan pengiriman senjata, menyoroti keretakan yang semakin besar antara kedua tetangga tersebut.

Setelah lebih dari setahun mendapat dukungan besar dari Warsawa, Kiev dianggap tidak tahu diri atau berterima kasih.

Banjir gandum murah dari Ukraina justru dianggap membahayakan stakeholder lokal di Polandia.

Kini, Polandia, kata Morawiecki akan meng-upgrade persenjataan tentara mereka sendiri.

“Kami tidak lagi mentransfer senjata ke Ukraina karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata yang lebih modern,” kata Morawiecki.

Dia juga memperingatkan bahwa larangan perdagangan tambahan potensial dikenakan bagi produk-produk lain pertanian dari Ukraina.

Hal itu, kata dia, mengingat bahwa pihak berwenang Ukraina tidak memahami sejauh mana industri pertanian Polandia telah menjadi tidak stabil karena impor asing.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara kepada Dewan Keamanan PBB mengenai perang negaranya (Spencer Platt/Getty Images/AFP SPENCER PLATT / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images melalui AFP)

Sindiran Zelensky 

Komentar tersebut muncul setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melontarkan sindiran halus terhadap Polandia dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB awal pekan ini.

Pada kesempatan itu, Zelensky mengatakan bahwa “beberapa negara di Eropa menunjukkan solidaritas dalam teater politik” dan “membuat sebuah film thriller yang menarik.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini