News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Tekanan Gencatan Senjata di Gaza Terus Meningkat, Israel Akhirnya Hentikan Serangan Beberapa Jam

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar yang dirilis tentara Israel pada 5 November 2023 ini menunjukkan pasukan dan kendaraan Israel berpatroli di dalam Jalur Gaza. - Juru bicara militer Israel, Jontahan Conricus menyebut pihaknya telah menghentikan serangan di Gaza utara selama beberapa jam.

TRIBUNNEWS.COM - Ketika dunia mengecam serangan brutal Israel ke Jalur Gaza dan meminta untuk gencatan senjata, akhirnya Tel Aviv menghentikan serangannya.

Juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan pihaknya menghentikan serangan di Gaza utara selama beberapa jam dalam dua hari berturut-turut.

Conricus menyebut tindakan ini bertujuan untuk menciptakan jalur yang aman bagi warga sipil untuk pindah ke selatan.

"Kemarin dan hari ini, selama berjam-jam dengan pemberitahuan dan peringatan sebelumnya, kami memfasilitasi, kami menghentikan penembakan di wilayah tertentu di Gaza utara, yang merupakan wilayah pertempuran utama," kata Conricus, Minggu (5/11/2023), dikutip dari Al Arabiya.

"Kami meminta warga Palestina untuk bergerak ke selatan," lanjutnya.

Conricus mengatakan ada akses terhadap air dan barang-barang kemanusiaan di selatan Gaza, namun Hamas menghalangi konvoi dengan menembaki mereka.

Baca juga: Kebencian Iran Terhadap AS Makin Jadi, Tuding Paman Sam Dukung Genosida di Gaza

Namun, pernyataan dari Conricus masih belum bisa diverifikasi keterangannya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken melakukan kunjungannya ke beberapa negara-negara Timur Tengah, dan bahkan ke Tepi Barat Palestina.

Blinken melakukan kunjungan mendadak ke Tepi Barat untuk bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, yang bergabung dengan seruan internasional untuk segera melakukan gencatan senjata.

Namun setelah Blinken mengulangi kekhawatiran AS bahwa gencatan senjata dapat membantu Hamas, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengesampingkan hal tersebut kecuali sandera yang ditahan oleh Hamas dibebaskan.

"Tidak akan ada gencatan senjata tanpa kembalinya para sandera. Hal ini harus dihilangkan sepenuhnya dari leksikon," kata Netanyahu, dikutip dari Reuters.

Gambar yang dirilis tentara Israel pada 5 November 2023 ini menunjukkan kendaraan militer Israel dan asap tebal di dalam Jalur Gaza saat pertempuran antara Israel dan gerakan Hamas Palestina terus berlanjut. (Tentara Israel / AFP)

Baca juga: Skenario Israel Memisahkan Gaza Utara dan Gaza Selatan

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan "pemboman yang belum pernah terjadi sebelumnya" dari Israel pada hari Minggu.

Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang dua kamp pengungsi, menewaskan sedikitnya 53 orang dan melukai puluhan lainnya di Gaza tengah.

Pertemuan Blinken-Abbas

Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah pada hari Minggu (5/11/2023).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini