News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Tentara Israel :Terowongan Tersembunyi Hamas Sepanjang 4 Km Berisi Gudang Senjata Tempur

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Daryono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Israel mengeklaim telah menemukan terowongan tersembunyi milik Hamas, berlokasi di persimpangan Erez terowongan ini memiliki panjang 4 Km yang dijadikan sebagai gudang senjata tempur

TRIBUNNEWS.COM – Tentara Pertahanan Israel (IDF) mengungkap telah menemukan terowongan tersembunyi yang berada di bawah tanah milik militan Hamas.

Dalam unggahan video yang dirilis IDF, mereka menjelaskan bahwa terowongan tersembunyi itu memiliki panjang 4 kilometer berkedalaman sekitar 400 meter.

Dengan ukuran tersebut militer Israel mengeklaim temukan terowongan Hamas itu jadi yang terbesar yang pernah ada di Jalur Gaza.

Baca juga: Foto-foto Terowongan Hamas yang Ditemukan Israel, Terbesar di Gaza, Habiskan Dana Jutaan Dolar

"Jalur bawah tanah yang membentang lebih dari empat kilometer dan berada dalam jarak 400 meter adalah terowongan terbesar dan terpanjang di Gaza yang pernah ditemukan,” kata Komandan IDF Yahalom, sebagaimana dikutip dari The Guardian. 

Tempat Penyimpanan Senjata

Terowongan bahwa tanah ini pertama kali ditemukan pasukan tempur Israel Unit Yahalom saat mereka melakukan penelusuran di dekat perbatasan Gaza, tepatnya di persimpangan Erez.

Selama penelusuran, Komandan IDF menyebut bahwa pihaknya menemukan sejumlah senjata yang kerap digunakan Hamas di medan peran.

Dalam gambar yang diambil selama tur media yang diselenggarakan oleh militer Israel pada 15 Desember 2023, jurnalis mengunjungi terowongan yang dilaporkan digunakan Hamas untuk menyerang Israel melalui penyeberangan perbatasan Erez pada 7 Oktober. (JACK GUEZ / AFP)

Di antaranya seperti amunisi perang hingga granat berpeluncur roket

Atas temuan itu, banyak pihak meyakini terowongan Hamas ini merupakan gudang penyimpanan senjata Hamas di perbatasan Gaza.

“Dalam terowongan yang terbuat dari beton ini, Hamas banyak menyimpan senjata yang siap digunakan dalam pertempuran,” tambah Yahalom.

Terowongan Hamas Habiskan Dana Jutaan Dollar

Menurut Times of Israel, terowongan itu dibangun langsung oleh Mohamed Yahya, saudara laki-laki dari ketua Hamas Yahya Sinwar yang mendalangi serangan di Israel pada 7 Oktober 2023.

Dengan menggelontorkan dana jutaan dollar AS, terowongan ini dilengkapi sistem drainase, listrik, ventilasi, saluran pembuangan, serta jaringan komunikasi dan rel yang memudahkan militan Hamas dalam melancarkan serangan tanpa diketahui tentara IDF.

Bahkan untuk mempermudah akomodasi Hamas di bawah tanah, terowongan ini didesain dengan lantainya tanah yang dipadatkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini