News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Demo di Kedubes Mesir, Massa Minta Perbatasan Rafah Dibuka Permanen sebelum Ramadan

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi solidaritas massa dari For Your Palestina di depan Kedutaan Besar Mesir, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa yang mengatasnamakan For Your Palestina (FYP) menyampaikan tujuh poin tuntutan saat menggelar aksi solidaritas kemerdekaan Palestina di depan Kedubes Mesir, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Adapun dalam tuntutannya itu massa pengunjuk rasa di antaranya mendesak agar pemerintah Mesir membuka pintu perbatasan Rafah secara permanen.

Hal itu ditujukan agar bantuan kemanusiaan yang ditujukan untuk warga Palestina bisa segera disalurkan.

"Pertama, bersama membuka pintu perbatasan Rafah secara permanen. Kedua, membebaskan dan memberikan akses selebar-lebarnya atas segala bentuk bantuan kemanusiaan untuk memasuki Gaza melalui perbatasan Rafah dan pintu perbatasan lainnya," ucap salah seorang orator.

Selain itu, dalam tuntutannya tersebut, FYP juga menyerukan agar organisasi negara-negara Islam atau OKI serta negara-negara yang dinaungi PBB termasuk Indonesia memberi dukungan kepada Mesir untuk membuka perbatasan Rafah sebelum bulan Ramadan.

Tak hanya itu, mereka pun juga pemerintah Mesir memberikan lahan khusus untuk warga Gaza yang saat ini tengah dibombardir oleh militer Israel.

"Kami menaruh harapan besar kepada Mesir untuk juga berperan efektif dalam mencegah Israel melanjutkan genosidanya terhadap rakyat Palestina," jelasnya.

Berikut adalah tujuh poin tuntutan lengkap yang disuarakan oleh massa For Your Palestina saat gelar aksi di depan Kedubes Mesir;

1. Bersama membuka pintu Perbatasan Rafah secara permanen.

2. Membebaskan dan memberikan akses selebar-lebarnya atas segala bentuk bantuan kemanusiaan untuk memasuki Gaza melalui perbatasan Rafah dan pintu perbatasan lainnya.

3. Segera menghancurkan dan meratakan kembali tembok-tembok kawat berduri penghalang perbatasan Mesir dan Gaza.

4. Atas rasa kemanusiaan, meminta Mesir memberikan lahan khusus tempat pengungsian rakyat Gaza yang selalu dihantui bombardir Israel dan bencana kelaparan.

5. Atas nama persaudaraan Islam, meminta ulama-ulama Mesir bersama ulama- ulama dunia menyerukan Pemerintah Mesir agar memberikan akses seluas- luasnya kepada organisasi atau kelompok kemanusiaan baik dari negara-negara Islam maupun lainnya dalam memberikan bantuan kemanusiaan di Gaza.

6. Menyerukan pada Dewan Keamanan PBB dan organisasi-organisasi kemanusiaan PBB untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Mesir memberikan pengawalan pada organisasi dan kelompok kemanusiaan memasuki Gaza dan melindungi pengungsi Gaza, terutama di Rafah.

7. Menyerukan organisasi negara-negara Islam (OKI) dan negara-negara di bawah naungan PBB serta Pemerintah Indonesia memberikan dukungan maksimal kepada Mesir untuk membuka perbatasan Rafah secara permanen sebelum awal Ramadhan 1445 H.

Caption: Aksi solidaritas massa dari For Your Palestina di depan Kedutaan Besar Mesir, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024). Fahmi Ramadhan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini