News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Daftar 10 Pimpinan Hamas yang Tewas Termasuk Didalangi Israel, Terbaru Ismail Haniyeh

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kiri ke kanan: Pendiri Hamas, Ahmad Yassin; Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh; dan Pimpinan Hamas, Saleh al-Arouri. Mereka merupakan tiga dari 10 pimpinan Hamas yang tewas akibat serangan Israel.

TRIBUNNEWS.COM - Deretan pimpinan Hamas tewas akibat serangan Israel buntut konflik di Gaza.

Terbaru, Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh tewas akibat serangan Israel di Teheran, Iran pada Rabu (31/7/2024) waktu setempat.

Adapun tewasnya Haniyeh dan satu pengawalnya itu terjadi usai menghadiri acara inagurasi pasca pelantikan Presiden Iran yang baru, Masoud Pezezhkian yang disumpah pada Selasa (30/7/2024).

Di sisi lain, berdasarkan catatan Tribunnews.com, Haniyeh menjadi pimpinan Hamas ke-10 yang tewas akibat serangan Israel.

Sebelum Haniyeh, ada pimpinan Hamas lainnya seperti Hassa Akasha yang tewas usai diklaim militer Israel 'dihilangkan' di Beit Jinn, wilayah yang di bawah kendali pemerintah Suriah pada 9 Januari 2024 lalu.

Akasha merupakan sosok yang bertanggung jawab atas serangan roket Hamas ke Israel.

Selengkapnya berikut daftar 10 pimpinan Hamas yang tewas akibat serangan Israel dikutip dari berbagai sumber.

Hassan Akasha

Akasha adalah tokoh Hamas asal Suriah yang diklaim telah tewas oleh militer Israel pada 9 Januari 2024 lalu.

Baca juga: Korps Garda Revolusi Iran Langsung Nyatakan Berkabung Atas Tewasnya Ismail Haniyeh

Dikutip dari The Guardian, militer Israel menyebut bahwa Akasha adalah sosok yang bertanggung jawab atas serangan roket Hamas ke Israel sebelum konflik di Gaza berkecamuk.

"Dia adalah tokoh sentral yang bertanggung jawab atas roket yang ditembakkan Hamas dari wilayah Suriah ke Israel dalam beberapa pekan terakhir," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan pada 10 Januari 2024 lalu.

Saleh al-Arouri

Selanjutnya ada pimpinan Hamas lainnya yaitu Saleh al-Arouri yang tewas pada 3 Januari 2024 lalu akibat serangan drone Israel ketika dirinya berada di ibu kota Lebanon, Beirut.

Dikutip dari Al-Mayadeen, tewasnya al-Arouri membuat pimpinan Hizbullah, Hassan Nasrallah geram lantaran Israel dinilai melanggar serangan batas wilayah.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini