News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Yordania Sambut Jenazah Maher Al-Jazi, Sopir yang Bunuh 3 Penjaga Israel dalam Operasi Allenby

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jenazah Maher Al-Jazi tiba di Yordania pada Selasa (17/9/2024). Maher Al-Jazi adalah pelaku penembakan tiga penjaga perbatasan Israel pada Minggu (8/9/2024) di penyeberangan Allenby atau Jembatan Raja Hussein, yang melintasi Sungai Yordan di dekat Jericho, Tepi Barat yang diduduki.

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri dan Urusan Ekspatriat Yordania menerima jenazah warga negaranya, Maher Al-Jazi, pelaku penembakan tiga penjaga perbatasan Israel di penyeberangan Allenby (Jembatan Raja Hussein), yang melintasi Sungai Yordan di dekat Jericho, Tepi Barat yang diduduki.

Jenazah Maher Al-Jazi tiba di Yordania pada Selasa (17/9/2024) dan akan diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan.

Pihak keluarga mengatakan jenazah Maher Al-Jazi akan disalatkan setelah dzuhur, kemudian akan dimakamkan di kampung halamannya di Al-Husseiniyah, di Kegubernuran Ma'an.

Pemerintah Yordania juga melakukan upaya untuk mengembalikan dua warga Yordania yang ditahan Israel akibat penembakan itu.

ā€œKementerian, berkoordinasi dengan otoritas terkait di Kerajaan, melanjutkan upayanya untuk membebaskan warga Yordania, Musleh Al-Awdat dan Hussein Al-Naimat, yang ditahan akibat insiden penembakan yang terjadi di Jembatan Raja Hussein sisi Palestina, yang diduduki Israel," kata juru bicara resmi Kementerian, Sufyan Al-Qudah kepada Kantor Berita Yordania, Petra.

Sebelumnya, surat kabar Israel, The Jerusalem Post, mengatakan keputusan untuk mengembalikan jenazah tersebut ke Kerajaan Yordania terjadi setelah adanya tekanan besar dari Yordania.

Keputusan itu juga bertujuan untuk menjaga kualitas hubungan keamanan antara kedua belah pihak.

Setidaknya, Israel menahan jenazah Maher Al-Jazi selama delapan hari setelah ia ditembak mati oleh tentara Israel akibat pembunuhan yang ia lakukan terhadap tiga penjaga perbatasan.

Operasi Allenby

Pelaku operasi Allenby, Maher Al-Jazi adalah seorang pensiunan tentara Yordania yang bekerja sebagai sopir truk.

Ia sedang melintasi jembatan sebagai sopir truk kargo yang membawa barang-barang niaga dari Yordania menuju Tepi Barat, sebelum operasi Allenby dilakukan.

Baca juga: Alasan Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania setelah Netanyahu Kunjungi Lembah Yordan

Maher Al-Jazi mengantarkan muatan air mineral kemasan ke penyeberangan pada Minggu (8/9/2024) pagi, dan kembali ke Al-Husseiniyah sambil menunggu muatannya diperiksa dan diturunkan oleh penjaga perbatasan Israel.

Surat kabar Yordania, Habr, mengatakan sejak dimulainya agresi di Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023, Maher Al-Jazi mengikuti berita dan melihat dokumentasi pembantaian yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

Ia tidak menyatakan niat untuk melaksanakan operasi apa pun dan tidak berbicara dengan keluarganya tentang hal itu.

Namun, diam-diam ia memiliki ledakan kemarahan secara pribadi, seperti diberitakanĀ Al Jazeera.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini